Perusahaan Jepang Raih Penghargaan, Dubes Heri: Selamat

KBRN, Jakarta: Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mengapresiasi sebanyak tujuh Perusahaan Jepang yang menjadi mitra pembangunan infrastruktur Indonesia yang meraih penghargaan.

“Saya mengucapkan selamat kepada semua penerima Penghargaan Internasional Konstruksi Jepang atas pencapaian luar biasa mereka,” ujar Dubes Heri dalam siaran persnya yang diterima RRI.co.id, Jumat (25/6/2021). 

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Menteri Pertanahan Infrastruktur Transportasi dan Pariwisata Jepang Asahi Kentaro dalam acara the 4th Japan Construction International Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanahan Infrastruktur Transportasi dan Pariwisata (Ministry of Land Infrastructure Transport and Tourism/MILT) Jepang pada Selasa (22/6/2021) lalu. 

Penghargaan ini ditujukan kepada perusahaan yang dinilai berhasil mempromosikan teknologi Jepang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian dan lingkungan.

Perusahaan yang mendapat penghargaan dari Kementerian MILT Jepang masing-masing adalah 6 perusahaan yang menangani proyek sistem transportasi umum rel angkutan cepat di Jakarta (Moda Raya Terpadu/MRT), yaitu Oriental Consultants Global Co., Ltd., Japan International Consultants for Tranportation Co., Ltd., Tokyu Construction Co., Ltd., Obayashi Corporation, Shimizu Corporation dan Sumitomo Mitsui Construction Co., Ltd. 

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Sugawara Industry Co., Ltd. Perusahaan ini mengembangkan teknologi recycle aspal yang diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia di antaranya di Jawa Barat. Termasuk di antaranya mendidik tenaga kerja Indonesia untuk teknologi recycle aspal di Indonesia.

Hubungan kerja sama strategis Indonesia-Jepang sejak 1958 lanjut Dubes Heri, telah  menghasilkan banyak pencapaian penting. Di antaranya adalah proyek pembangunan infrastruktur yang diharapkan ke depannya dapat terus berlanjut.

“Sebagai negara kepulauan seperti Jepang, Indonesia sedang menjalani proyek infrastruktur dan konektivitas besar-besaran di pulau-pulau besar dan kecil di seluruh negeri. Proyek MRT seperti diketahui telah berkembang menjadi transportasi yang penting bagi Indonesia. Termasuk juga penggunaan teknologi recycled Asphalt yang memberikan sumbangan pembelajaran  teknologi kepada sumber daya manusia Indonesia. Diharapkan ke depannya tetap berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia salah satunya adalah MRT tahap 2,” lanjut Dubes Heri. 

Menutup sambutannya, Dubes Heri memastikan komitmen KBRI Tokyo dalam mendukung dan memfasilitasi kerja sama antara badan usaha Indonesia – Jepang dalam pengembangan kemitraan bisnis kedua negara. (foto: KBRI Tokyo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00