FOKUS: #PPKM MIKRO

SDM dan Digitalisasi Modal Bangun Ekonomi Baru

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Ant/Aprillio Akbar)

KBRN, Jakarta: Masa pandemi seperti sekarang ini menjadi momentum bagi Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna menopang era digitalisasi.

“Pemerintah memprioritaskan pembangunan SDM sebagai kunci pemulihan ekonomi dari pandemi dan untuk memajukan Indonesia di era transformasi digital,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sebuah webinar, seperti dikutip RRI.co.id, Rabu (23/6/2021).

Saat ini kualitas SDM Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara laiinya di kawasan Asia Tenggara.

Menko Perekonomian mengutipl laporanWorld Bank, Human Capital Index 2020 dimana Indonesia berada di peringkat ke-enam di Asia Tenggara.

Menurut Menko Airlangga, digitalisasi merupakan salah satu “kendaraan” yang mempercepat transformasi menuju ekonomi baru yang memiliki nilai tambah lebih tinggi.

Pemerintah bekerja sama dengan swasta membantu seluruh pihak (usaha mikro kecil) untuk on boarding dan melakukan servisifikasi.

Upaya tersebut akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta peningkatan ekspor.

“Diharapkan dengan melakukan on boarding dan servisifikasi, Indonesia dapat keluar dari middle income trap lebih cepat, yaitu pada tahun 2037," ucap Airlangga.

Dalam mendukung upaya adopsi teknologi digital  diperlukan kesiapan infrastruktur digital.

Untuk itu Pemerintah berencana membangun infrastruktur digital dengan perluasan 4G di seluruh desa yang belum terjangkau 4G, membangun pusat data nasional di beberapa wilayah, dan merencanakan spectrum refarming secara bertahap dan piloting implementasi terbatas 5G.

Menko Airlangga juga menyampaikan dukungannya terhadap peningkatan daya saing dan ekonomi digital.

“Kolaborasi serta sinergi dari seluruh stakeholder seluruh  sangat diperlukan untuk merumuskan kebijakan yang mendukung ekosistem tersebut," pungkasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00