Pencairan BST Mei-Juni, Kemensos Tunggu Kemenkeu

KBRN, Jakarta: Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengaku hingga kini pihaknya masih menunggu kepastian dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) perihal pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk bulan Mei-Juni 2021. 

"Mei-Juni belum. Kemarin ada wacana Kemenkeu tapi kan aku nunggu kepastian. Karena kalau belum ada kepastian itu kan," ungkap Risma di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/6/2021).

Kepada wartawan Risma mengaku jumlah anggaran bantuan tersebut setiap bulannya mencapai Rp3 triliun. Kemensos diakuinya tidak memiliki anggaran tersebut.

"Jumlahnya satu bulan aja 3 triliun. Iya kan. Kita kan ga ada anggarannya," tuturnya.

Meski demikian, dia menyebutkan penyaluran BST tersebut tetap ada. Informasi itu dia dapat dari suatu rapat terbatu soal pencarian bantuan itu.

"Kemarin katanya rapat, kebetulan saya datengi pemberian gelar profesor di rapat pak Sekjen. Katanya ada, tapi kan saya belum dapet secara resmi ini kan tidak mudah. Karena uangnya besar. Uangnya satu bulan 3 triliun," paparnya. 

"Saya ndak bisa ngomong, karena kalo ngomong nanti gak ada saya kan susah. nanti saya komunikasi," tambahnya melengkapi.

Sebagai informasi, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Kemenko PMK) secara resmi memperpanjang penyaluran Bansos R 300 ribu ini hingga Juni 2021. Akan tetapi, salah satu BST Kemensos ini hanya cair ke 10 juta kepala keluarga (KK) hingga April 2021. Namun kembali diperpanjang pada Mei dan Juni 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00