Waspada! Ada Suspek Cacar Monyet di Jateng

Ilustrasi penyakit cacar monyet. (Foto Ist/net)

KEMENTERIAN Kesehatan mengatakan ada satu pasien asal Jawa Tengah yang diduga/suspek (suspect) cacar monyet (monkeypox). Namun dalam kasus pasien asal Jawa Tengah tersebut belum diketahui apakah benar positif cacar monyet atau bukan. Guna mengetahui kepastian penyakit pada pasien tersebut, Kemenkes segera mengambil sampel untuk diperiksa di laboratorium.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut pasien yang suspek cacar monyet tersebut menjadi perhatiannya dan akan melakukan langkah-langkah antisipatif. Dinas Kesehatan setempat diminta terus melakukan pemantauan, walaupun ditegaskan pasien tersebut statusnya bergejala dan belum dapat dipastikan positif cacar monyet.

Memang, sebagaimana dikabarkan, puluhan negara telah mengonfirmasi banyaknya kasus penyakit cacar monyet yang semakin sulit dicegah. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah menetapkan cacar monyet sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia. Hal ini menjadi salah satu penyakit yang perlu diperhatikan, meskipun pandemi Covid-19 belum kunjung usai.

Patut diapresiasi langkah antisipatif pemerintah dan berbagai pihak untuk mencegah penyakit cacar monyet di Indonesia. Langkah itu misalnya dengan mengoptimalkan fungsi Kantor Kesehatan di pelabuhan atau bandara untuk meningkatkan surveilans atau pengawasan terhadap lalu lintas orang maupun barang yang masuk ke Indonesia. Termasuk juga menyiapkan tenaga kesehatan, ketersediaan vaksin dan obat-obatan yang diperlukan.

Tak luput, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), sebagaimana disampaikan Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi yang menyebut pihaknya membentuk Satuan Tugas Penanganan Penyakit Cacar Monyet guna merespons ancaman tersebut. Tentu, ini langkah positif sebagai upaya pencegahan secara bersama dan gotong royong.

Meski kepastian pasien suspek cacar monyet asal Jawa Tengah masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium, namun pemerintah dan masyarakat harus tetap waspada. Tetap menerapkan pola hidup sehat guna mengantisipasi wabah cacar monyet. 

Editor: Bambang Dwiana

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar