Pergantian Direktur Utama PLN

Foto: Ilustrasi Petugas PLN

KBRN, Jakarta: Pergantian Jabatan Direktur Utama PLN  dari Zulkifli Zaini kepada Dharmawan Prasjodjo terkesan mendadak. Selain posisi Zulkifli Zaini yang baru menduduki jabatan tersebut selama dua tahun sejak tahun 2019 sampai 2021, kondisi keuangan PLN pun terbilang bagus.

Menteri BUMN Erick Thohir pun memuji Zulkifli ZAINI. Ia mengatakan dalam sambutannya bahwa penggantian Direktur Utama PLN ini bukan karena kinerja buruk Zulkifli. Menurutnya, selama dua tahun menjabat sebagai Direktur Utama PLN, Zulkifli telah memperbaiki kinerja keuangan PLN dan berhasil membawa PLN mencetak pendapatan usaha sebesar Rp 345,4 triliun dan mencapai laba bersih Rp 5,99 triliun pada 2020. 

Laba ini naik 39,3% dibandingkan pada 2019. Jadi, Direktur utama PLN diganti bukan kerena kinerja buruk melainkan ada tugas tambahan bagi Dirut PLN baru Dharmawan Prasodjo di PLN, yakni bauran energi yang lebih luas, agar di kemudian hari tidak membebani PLN.

Ini hal menarik, dan Dharmawan juga bukan orang sembarangan, dia sebelumnya adalah Wakil Dirut PLN dan lama berkarir di Luar Negeri. Kita harapakan segera terjadi transformasi yang lebih baik di PLN seraya memberikan manfaat besar kepada seluruh rakyat Indonesia di bidang listrik dan energi. Demikian komentar Selamat pagi.

Komentar disampaikan editor senior Pro 3 RRI Widhie Kurniawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar