Kebakaran Gedung Cyber 1

Petugas memecahkan kaca saat berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber 1, Jakarta, Kamis (2/12/2021). (ANTARA)

KBRN, Jakarta: Terbakarnya Gedung Cyber 1 di Jakarta Selatan selain menimbulkan kepanikan dan ada korban tewas, juga telah menyebabkan dampak yang cukup luas.

Ada sejumlah aplikasi dan web hosting terganggu akibat kebakaran tersebut. Padahal beberapa aplikasi internet tersebut banyak digunakan oleh publik. Sampai sekarang belum ada rilis resmi tentang penyebab kebakaran.

Pihak Sudin Kebakaran DKI Jakarta menduga kebakaran akibat hubungan pendek arus listrik. Ini baru dugaan. Keterangan resminya masih ditunggu. Apapun penyebab dan dampaknya, sesungguhnya terbakarnya Gedung Cyber 1 sangat memprihatinkan.

Ini bukan soal gedung terbakar semata, akan tetapi di dalam gedung tersebut tersimpan berbagai perangkat yang terkait dengan internet. Dunia dan Indonesia sudah masuk dalam ekosistem aplikasi internet, sehingga dapat dibayangkan betapa riskannya kebakaran tersebut.

Sejatinya, walau ini dikelola swasta, bangunan semacam Gedung Cyber ini masuk bagian dari obyek vital. Kehidupan orang saat ini sudah sulit dipisahkan dari aplikasi internet, sehingga kejadian yang terjadi kemarin pasti menimbulkan dampak. Ini harus diantisipasi dan ditangani secara tuntas.

Komentar ditulis Editor Senior Pro 3 RRI Widhie Kurniawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar