109 Tahun Muhammadiyah

Muhammadiyah (Wikipedia)

KBRN, Jakarta: Kalau kita pernah menyaksikan film Sang Pencerah, tentang kisah Kyai Haji Ahmad Dahlan yang diperankan aktor Lukman Sardi, maka akan dapat membayangkan semangat awal pendirian organisasi masyarakat keagamaan Muhamadiyah.

Ada empat pesan kebangsaan yang disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah terkait milad 109 tahun organisasi masyarakat keagamaan tersebut. Kata Hardar Nasir, pertama  menjaga semangat optimisme, kebersamaan, menguatkan nilai-nilai yang memperkuat kebersamaan dan menghindari nilai-nilai yang merusaknya.

Kedua Haedar mengajak warga bangsa mengembangkan nilai-nilai utama dengan semangat taawun dan kebhinekaan. Ketiga, mengutamakan keutuhan dan persatuan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada.

Dan terakhir adalah, Haedar berpesan agar semua pihak membangun nilai kemajuan sebagai komitmen kolektif.

Ajakan tersebut sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini. Muhammadiyah adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang banyak melahirkan pemimpin bangsa. Salah satu kelebihan Muhamadiyah adalah dalam bidang pendidikan.

Harapan banyak orang tentu agar lembaga pendidikan Muhammadiyah menjadi paling unggul di kelasnya. Sebutlah misalnya Universitas Muhammadiyah Surakarta, sudah masuk jajaran universitas elit nasional, bahkan melintasi perguruan tinggi negeri yang ada. Selamat melaksanakan milad 109 tahun Muhammadiyah.

Komentar ditulis Editor Senior Pro 3 RRI Widhie Kurniawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00