World SuperBike 2021 di Mandalika

Foto udara lintasan lurus Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). Pembelian tiket untuk event World Superbike secara resmi dibuka pada 18 Oktober 2021 secara online maupun ofline dengan syarat sudah dua kali vaksin COVID-19. (ANTARA)

KBRN, Jakarta: Hajatan world superbike 2021 seri pamungkas tahun 2021 ini menarik karena pertama kali diselenggarakan di Indonesia, dengan sirkuit barunya di Mandalika Nusa Tenggara Barat.

Pertama pasti kita memberi apresiasi bagi penyelenggara dan tim dari Indonesia yang berhasil menarik WSBK ke Mandalika. Tapi pendengar juga harus paham, apa sebenarnya balap motor WSBK tersebut.

Bila dirujuk pada popularitas nama penunggangnya, banyak orang lebih mengenal Valentino Rossi, Marq Marquez, dan Fabio Quantarro sebagai penunggang MotoGP dibandingkan Jonathan Rea dan Cal Crutchlow sebagai penunggang World SuperBike.

Ini karena MotoGP ramai disiarkan secara langsung oleh TV nasional dan tidak demikian halnya dengan WSBK. Padahal antara WSBK dengan MotoGP sama-sama menarik. Bahkan bila dibandingkan secara nyata, ajang lomba balap motor MotoGP sebenarnya adalah jualan mimpi karena yang digunakan adalah motor prototipe dan diproduksi khusus utk motoGP. Serupa dengan balap mobil F1 yang tidak pernah dapat dilihat di jalanan umum.

Sedangkan motor yang digunakan oleh WSBK adalah motor yang digunakan sehari-hari dan diproduksi secara massal minimal 3000 unit. Artinya, motor tunggangan pembalap WSBK dapat dibeli dan digunakan oleh masyarakat yang memilki uang cukup.

Kini WSBK seri pamungkas 2021 akan segera digelar bulan November ini. Kejuaraan ini bersifat internasional sehingga pasti akan memberi dampak dan manfaat bagi Indonesia.

Adapun persoalan yang mungkin muncul di sekitarnya, sepanjang dapat ditangani, tidak perlu dibesar-besarkan. Seperti soal peristiwa unboxing sepeda motor Ducati beberapa hari lalu.

Menurut Chief Strategic Communication MGPA Happy Haryanto, persoalan itu juga sudah dipahami bersama. Kita fokus pada kejuraan WSBK untuk makin mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Komentar ditulis Editor Senior Pro 3 RRI Widhie Kurniawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00