Indonesia Terima Presidensi G20

Foto:

KBRN, Jakarta: Penyerahan estafet kepemimpinan atau Presidensi G20 dari Italia kepada Indonesia adalah pengakuan internasional kelas dunia atas keberhasilan Indonesia dalam pengelolaan dan pemulihan ekonomi saat ini, terlebih pada era pandemi covid 19.

Saat penyerahan secara simbolis Presiden G20 dari Perdana Menteri Italia Mario Draghi,  Presiden Joko Widodo mengapresiasi Italia yang telah berhasil memegang presidensi G20 tahun 2021.

Thema G20 adalah Recover Together, Recover Stronger. Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan. Indonesia akan ber komitmen dalam kepemimpinan di G20.l pada tahun 2022.

G20 adalah gabung an negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Menjadi tantangan bagi Indonesia untuk meyakinkan kehadiran seluruh pimpinan G20 bulan Oktober tahun depan, sebab di Italia ternyata pemimpin Rusia Vladmir Putin dan pemimpin China Tiongkok Xi Jin Ping tidak hadir di italia secara fisik.

KTT G20 di Italia juga memunculkan kekecewaan sejumlah pihak karena gagal menyepakati batas waktu penggunaan bahan bakar karbon, terutama batu bara, di antaranya adalah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Harapan kita semua tentunya agar amanah sebagai Presidensi G20 tahun 2022 dapat menunjukkan kapasitas Indonesia dalam kepemimpinan dunia. Demikian komentar. Selamat pagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00