Meroketnya Harga Minyak Goreng

Foto: Ilustrasi Minyak Goreng (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Kenaikan harga minyak goreng adalah sebuah kenyataan yang harus dipikul oleh masyarakat. Untuk minyak goreng curah sudah 20 ribu per liter sedangkan minyak goreng kemasan 22 ribu rupiah per liter. 

Menurut Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinagakenaikan harga minyak goreng di pasaran saat ini imbas dari tingginya harga minyak sawit mentah (CPO) dan kurangnya pasokan bahan baku di pasar minyak nabati dan lemak secara global.

Harga di Luar negeri CPO sudah sekitar 5500 ringgit per ton. Bagaimanapun ini memang dampak permintaaan komoditas secara global. Namun demikian, pemerintah tetap perlu turun tangan dengan kebijakan Domestif Market Obligation yang ketat. Seperti Batu Bara, kendati di luar negeri harganya 180 dollar per ton, maka harga di dalam negeri tetap 70 an dollar.

Tanpa kebijakan DMO yang ketat, harga minyak goreng bisa terus melayang-layang. Di samping juga pantauan untuk mengantisipasi penimbunan. Demikian komentar. Selamat pagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00