Kecelakaan Bus Transjakarta

Foto: Penampakan bus TransJakarta yang terlibat kecelakaan di MT Haryono, Jaktim (Dok. Polda Metro Jaya)

KBRN, Jakarta: Secara faktual, peristiwa tabrakan atau menabrak satu bus Transjakarta dengan bus trans Jakarta lainnya telah menyebabkan dua orang meninggal serta puluhan orang lainnya luka-luka dalam kecelakaan kemarin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo, mengungkapkan penyebab sementara adanya informasi bahwa sopir salah satu bus trans jakarta tersebut mengantuk.

Kita tentu prihatin dengan kejadian ini, apalagi sebenarnya bus Transjakarta sudah memiliki jalur tersendiri. Dua orang meninggal serta puluhan lainnya luka-luka adalah catatan buruk dalam pengelolaan trans Jakarta.

Apapun alasannya, ini pasti ada human error dan problem manajerial. Sopir mengantuk hanya salah satu rantai sebab, sedangkan sebab utamanya adalah ketidakmampuan pengelolaan secara baik. Polisi sendiri masih menduga dua hal, pertama karena sopir mengantuk dan kedua karena dugaan persoalan rem.

Bila terbukti kecelakaan itu akibat sopir memgantuk, pasti ada kelemahan dalam manajemen operasional pengemudi. Harusnya ada mekanisme pengechekan sebelum seorang crew bertugas.

Sedangkan bila hasil penyelidikan akibat rem tidak berfungsi, maka itu pun persoalan managerial karena berarti ada SOP pengcekan fungsi kendaraan yang tidak berjalan. Karnanya apapun hasil penyelidikan polisi, adalah persoalan managerial.

Berapapun jumlah korban, itu adalah keselamatan nyawa manusia, dan nyawa manusia tidak ada gantinya. Bus Trans Jakarta adalah kendaraa publik yang harusnya zero accident. Demikian komentar. Selamat pagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00