Dua Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo

(ANTARA)

KBRN, Jakarta: Hari ini tanggal 20 Oktober tahun 2019 atau dua tahun lalu, Presiden Joko Widodo dilantik untuk periode masa jabatan kedua. Tantangan dan capaiannya selama periode kedua ini tentu berbeda.

Pada periode kedua ini, pandemi Covid-19 menyerang Indonesia dan juga seluruh dunia selama sekitar satu setengah tahun sejak Maret 2020 atau 6 bulan sejak Presiden Joko Widodo dilantik.

Selain mengakibatkan persoalan kesehatan, kematian, dampak pandemi Covid-19 yang paling terasa adalah ekonomi. Banyak perusahaan tidak dapat beroperasi, hotel dibatasi dan tempat wisata ditutup, kecuali sektor esensial dan kritikal. PHK pun terjadi di mana-mana. Pandemi juga mengakibatkan sejumlah rencana besar terhambat.

Akan tetapi, pada saat sekarang, tingkat positifity rate Indonesia adalah yang terendah di antara seluruh negara ASEAN, mengacu data bulan Oktober. PPKM sudah berada pada level 1 atau 2, dan ekonomi kembali menggeliat.

Kolaborasi antar kemenko, kementerian dan lembaga serta jajaran TNI dan Polri sangat baik, termasuk mengamankan PPKM, program vaksinasi dan pemulihan ekonomi.

Di saat sejumlah negara lain masih cukup banyak penderita Covid-19, Indonesia sudah mulai tersenyum, bisa masuk kerja lagi dan sekolah tatap muka. Namun tetap waspada karena epidemolog selalu mengingatkan ancaman gelombang tiga.

Kini, setelahnya adalah saatnya bergerak cepat, terukur seraya waspada. Salah satu yang diharap adalah penguatan kapasitas SDM sesuai revolusi mental agar selalu optimis, penguatan UMKM yang terbukti tahan banting dan percepatan pembangunan Ibukota Negara.

Masih ada waktu tiga tahun untuk mewujudkan gagasan Presiden Joko Widodo. Semoga dapat terwujud.

Komentar ditulis oleh Editor Senior Pro 3 RRI Widhie Kurniawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00