Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Foto: Ilustrasi Maulid Nabi Muhammad SAW (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Hari ini, 19 Oktober 2021 bertepatan dengan 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW.  Kelahiran Nabi tuntunan umat Islam tersebut diperingati di berbagai belahan dunia dalam beragam caranya. 

Di Kudus dikenal Kirab Ampyang, lalu di Madura ada Mukudhen, di Sumatera Barat ada Bunga Lado, dan yang cukup dikenal di Yogyakarta adalah Grebeg Mulud. 

Di Nangroe Aceh Darussalam, peringatan Maulid Nabi biasanya berlangsung selama tiga bulan bergiliran diisi dengan ceramah dan kenduri.  Peringatan tersebut mengacu pada budaya leluhur sejak zaman kerajaan Islam dahulu kala dengan tujuan sama, yakni memuliakan Nabi Muhammad SAW. 

Budaya dan adat istiadat yang berkembang turun temurun adalah bagian dari kekhasan negeri nusantara ini. Salah satu nilai yang diajarkan Nabi Muhammad adalah ummatan wasathiyah, atau umat pertengahan atau moderat. 

Mengutip KH. M. Ikhsanudin, M.Si., dari Institut Ilmu Al-Qur’an An Nur Yogyakarta, makna dari Wasathiyah adalah membangun kemaslahatan, adil, berimbang dan proporsional. Dengan pemahaman itu maka umat Islam diharapkan dapat menghargai perbedaan pandangan dan pemikiran tanpa mengesampingkan pada ajaran yang diyakininya. 

Hal sama disampaikan Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Marsudi Syuhud, yang menegaskan bahwa sikap moderat sangat penting dalam membentuk "Ummatan Wasathan".

Ini adalah perilaku dasar seorang muslim, apalagi pada era digital. Nilai-nilai ajaran Islam ini tentu penting disampaikan secara terus menerus kepada ummat Islam di Nusantara, apalagi negeri ini dianugerahi masyarakat yang multikultur. 

Salah satu ciri ummatan wasathan adalah mengembangkan sikap tasamuh atau toleran.Dikutip dari buku Ahlussunnah Wal Jamaah karangan A. Fatih Syuhud, toleransi merupakan kunci pemersatu umat.

Tasamuh  Moderasi ajaran Islam adalah nilai kemuliaan masyarakat Muslim di tanah air.  Selamat memperingati Maulid Mabi Muhammad SAW untuk Ummat Islam di negeri Nusantara. Demikian komentar selamat pagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00