BTS Meal di Mc Donalds

(Twitter @McDonalds_ID)

KBRN, Jakarta: Bagi orang dewasa atau generasi baby boomer yang lahir antara tahun 1946 hingga 1964 atau generasi baby trust yang lahir antara tahun 1964 hingga 1980, antrean panjang mendapatkan pemesanan BTS Meal adalah tidak wajar.

Hanya untuk mendapatkan paket makanan berisi ayam goreng, kentang goreng, minuman cola serta saos yang katanya khas dan dikemas kotak makanan berwarna ungu, ratusan orang pengemudi ojek online mengambil pesanan generasi milenial yang menunggu di rumah sembari bermain gadget, menonton youtube dan mendengarkan musik.

Inilah fakta yang terjadi, ketika ribuan milenial ramai-ramai memesan BTS Meal yang baru diluncurkan di gerai Mc Donalds. Bukan saja di Indonesia, tapi juga di Malaysia, Filipina dan sejumlah negara lainnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Satpol PP memberi sanksi 32 gerai McDonald's yang ada di wilayah Jakarta terkait kerumunan yang ditimbulkan saat peluncuran promo menu BTS Meal.

Bisnis Amerika dan Budaya Korea berpadu jadi satu. Ini sejatinya harus disikapi bukan sekedar antrean panjang dan kerumunan, akan tetapi juga aspek bisnis dan pengaruh budaya negara luar ke tanah air.

Ketika generasi baby boomers dan baby trust sibuk membicarakan infiltrasi budaya asing yang tampaknya hanya ramai di perbincangan kalangan tersebut, namun kondisi faktualnya ternyata budaya asing sudah makin merasuk ke jantung hati, pikiran, dan tingkah laku generasi milenial Y dan Z.

Kepentingan bisnis multinasional dan budaya asing telah sangat merasuk dalam kehidupan generasi millenial. Padahal kita sedang berupaya menguatkan kembali jati diri bangsa seperti yang terkandung dalam makna Trisakti dalam Pidato Bung Karno Tahun Vivere Pericoloso, berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Bila sekedar membicarakan kerumunan, itu pasti ditindak karena ada unsur pelanggaran protokol kesehatan, Namun soal infiltrasi budaya asing, ini masalah besar. BTS atau Bangtan Boys atau Beyond the Scene yang berkolaborasi dengan McDonald's adalah gambaran senyatanya budaya asing tersebut.

Komentar ditulis oleh editor senior Pro3 RRI Widhie Kurniawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00