Penggunaan Awalan Habib atau Habaib

Habib Rizieq Shihab (HRS) beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (ANTARA)

KBRN, Jakarta: Seorang ulama di tanah air, Khalid Basalamah menyampaikan keutamaan keturunan keluarga Nabi Muhammad SAW. Namun ternyata, sebutan para keturunan Nabi tersebut aslinya bukan Habib atau Habaib, melainkan Sayyid atau Sayyidah dan Syarif atau Syarifah.

Kata Menko Polhukam Machfud MD, gelar Habib diberikan kepada siapapun yang dihormati dan dimuliakan. Bahkan kata Machfud MD, dia pernah disebut sebagai Al Habib Machfud.

Mengacu pada sejarah nabi Muhammad SAW dan keluarganya, maka sejatinya ada 7 putra dan putri beliau. Namun dari tujuh orang tersebut yang memberi keturunan hanyalah satu, yakni Fatimah Az Zahra setelah menikah dengan sepupu sekaligus sahabat Nabi, yakni Ali bin Abi Thalib.

Dari pasangan inilah lahir cucu Nabi yakni Hasan dan Husein hingga seterusnya sampai beberapa keturunan yang sekarang.

Dalam kelanjutannya, para keturunan nabi ini terbagi dua, yakni jalur Hasan bin Abi Thalib yang disebut Syarif untuk laki laki dan Syarifah untuk perempuan serta Jalur Husein bin Abi Thalib yang disebut Sayyid untuk laki-laki dan Sayyidah untuk perempuan.

Di Indonesia, jalur keturunan tersebut kebanyakan bukan langsung dari Makkah dan Madinah tempat Rasulullah dulu berada, melainkan dari Yaman di Hadramaut. Mereka ini banyak bermigrasi ke Gujarat India dan ke Malaysia serta Indonesia.

Di Indonesia ada tambahan gelaran Habib untuk memberi penghormatan kepada mereka bagi yang memang dihormati karena keluasan ilmu. Kebajikan dan keshalihannya.

Jadi bagi siapapun kemudian yang menyandang gelar Habib atau Habaib, itu adalah golongan yang memang dihormati karena mereka mencintai Nabi Muhammad SAW. Karenanya segala sikap dan perilakunya senantiasa mengikuti apa yang ditauladankannya, termasuk kesantunan dan kelembutannya, terhadap siapapun.

Inilah makna Habib atau Habaib agar banyak orang paham. 

Ditulis oleh Editor Senior Pro3 RRI, Widhie Kurniawan.

00:00:00 / 00:00:00