Jelang Libur Panjang, Kepungan Wabah Corona, Dilema

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Libur panjang sebentar lagi akan tiba. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Efendie menjelaskan, bahwa Presiden Joko Widodo sudah memberi arahan bahwa cuti bersama tanggal 28 dan 30 Oktober tetap berlangsung. 

Dengan demikian, maka bila digabungkan mulai tgl 28 Oktober hari Rabu sampai tgl 1 November hari Ahad, ada 5 hari libur. Cukup panjang juga. Biasanya, lalu lintas keluar kota meningkat, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya akan padat. 

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan juga menjelaskan bahwa Korlantas Polri sudah siap mengamankan rangkaian libur panjang Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 29 Oktober. 

Peringatan Maulidnya 1 hari, liburnya 5 hari. Semoga kita juga tidak lupa, bahwa tgl 28 Oktober adalah hari Sumpah Pemuda. Bagusnya ikut Upacara dulu baru liburan panjang. Pilihan untuk tetap menentukan bahwa ini merupakan penerapan cuti bersama hingga berangkai menjadi 5 hari, tentu sudah dihitung oleh pemerintah apalagi pada kondisi pandemi corona virus saat sekarang. 

Dengan adanya cuti bersama menjadi libur panjang, sejatinya dapat dimanfaatkan oleh para pekerja untuk tinggal di rumah. Ini dikaitkan dengan kondisi wabah corona yang masih terjadi. Selain juga, anjuran di Rumah Aja saat pandemi belum dicabut. 

Hal ini juga bisa mengurangi kepadatan transportasi umum. Para pekerja selama 5 hari bisa mengambil banyak manfaat. Artinya, harusnya libur panjang 5 hari itu ya di rumah saja, menjaga diri dari kontak dengan orang lain, bisa beristirahat, atau bercengkerama dengan keluarga di rumah saja. 

Maka pikiran-pikiran memanfaatkan libur panjang untuk jalan-jalan ke luar kota atau liburan panjang atau bahkan pulang kampung, sebaiknya tidak perlu dilakukan. Ingat. virus corona masih mengintai. 

Ini juga sekedar mengingatkan kekhawatiran Menko Maritim dan investasi Luhut Panjaitan, soal munculnya gelombang kedua virus corona. Maka dari itu, bagusnya cuti bersama, libur panjang ya di rumah saja.

Ditulis Editor Senior Pro3 RRI, Widhie Kurniawan.

00:00:00 / 00:00:00