Gugatan Anak pada Ibu Kandung Gegara Rp15 Juta

20200703_083347.jpg

KBRN, Jakarta: Persoalan motor dan uang yang bila dijumlahkan semua sekitar 15 juta rupiah, ternyata mampu membuat seorang anak menggugat ibu kandungnya sendiri. 

Adalah seorang laki laki berusia sekitar 40 tahun dan Ibunya berusia 60 tahunan harus bertemu dengan polisi terkait harta senilai 15 juta tersebut. 

Menariknya, uang dan sepeda motor tersebut diperoleh dari hasil penjualan tanah warisan bapaknya. Agak memprihatinkan. Tapi demikianlah faktanya. Kasus itu sendiri belum sampai ke pengadilan. 

Ternyata, kasus anak menggugat ibu kandung bukan terjadi di Lombok Tengah saja, akan tetapi sebelumnya pernah juga terjadi di Jawa Barat. Ketika itu, sepasang suami istri menggugat ibu kandung yang juga mertuanya senilai 1,8 miliar rupiah. Padahal sang ibu sudah berusia sekitar 80 tahun. Persoalannya karena uang 120 juta rupiah. Pada tahap pengadilan hingga kasasi, sang anak kandung dikalahkan oleh pengadilan. Namun rupanya, entah ada apanya, sang anak kandung terus berupaya mencari jalan mengalahkan ibunya di pengadilan. Terakhir, sang Ibu diadukan dengan dugaan pencemaran nama baik oleh anaknya. 

Ini bukan kisah sinetron, tetapi faktual apa adanya. Bisa jadi sang anak merasa benar. Dan seandainya benar pun, agak aneh juga rasanya mengalahkan ibu kandung sendiri. 

Bila masih ada kisah Malin Kundang, maka bisa jadi juga akan seperti itu. Inilah kisah cerita di dunia. Apa pun dapat terjadi dengan berbagai sebabnya, dan nyatanya persoalan uang dan harta, sering menjadi pokok sengketa. Untungnya, pihak kepolisian di Lombok Tengah dan Hakim di Pengadilan Jawa Barat, masih berpikir dan bertindak dengan hati nurani. Salut.

Ditulis Redaktur Senior RRI Widhie Kurniawan.

00:00:00 / 00:00:00