Hari Bhayangkara 1 Juli

atur_lalu_lintas_300113_nov_3.jpg

KBRN, Jakarta: Hari ini, 1 Juli adalah Hari Bhayangkara. Selamat Ulang Tahun Polisi Republik Indonesia.

Polisi idaman adalah polisi Promoter, yakni profesional, modern, dan terpercaya. Karena itu, harapan masyarakat yang juga merupakan tekad polisi tersebut harus diwujudkan.

Bagi masyarakat, sebenarnya menumbuhkan kepercayaan itu tidak sulit, utamanya yang kasat mata. Apa yang kasat mata, misalnya polisi lalu lintas. Mereka harus menampakkan kemudahan bagi pengendara bermotor disamping juga ketegasan. Sikap tegas penting agar polisi wibawa, tetapi sikap ramah juga harus ditampakkan sehingga masyarakat menjadi nyaman. 

Kemudian persoalan street crime, kejahatan jalanan. Angkanya masih tinggi. Kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, kejahatan jalanan di Ibukota masih tinggi, seperti penjambretan dan juga begal. Data di Mabes Polri juga demikian. Dominasi street crime masih tinggi. Polri mencatat adanya kenaikan angka kejahatan pada minggu ke-22 tahun 2020 yang juga masih dalam masa pandemi virus corona atau COVID-19. 

Dibandingkan pada minggu ke-21, kenaikan mencapai 16,16 persen. Angka kriminalitas minggu ke-21 dan ke-22 disimpulkan gangguan Kamtibmas naik 422 kasus atau 16,16 persen, tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta.

Terakhir adalah soal pelayanan, seperti SIM, lalu laporan polisi, dan juga SKCK. Bila semua itu ditangani secara baik, maka wajah polisi akan makin baik.

Ditulis Redaktur Senior RRI Widhie Kurniawan.

00:00:00 / 00:00:00