Penerimaan Peserta Didik Baru di Jakarta Berbuntut Demo

antarafoto_tolak_ppdb_jalur_zonasi_230620_aaa_1.jpg

KBRN, Jakarta: Agak repot juga jadi calon peserta didik baru di negeri ini, apalagi di Jakarta. Ternyata untuk masuk sekolah negeri yang dulu disebut sekolah favorit tidak perlu jadi murid pintar. Yang penting rumah dekat dengan sekolah. Makin dekat jarak dengan sekolah, makin bisa masuk sekolah negeri. Ini yang disebut sistem zonasi. Jadi tidak ada sekolah favorit. Sedangkan di Ibukota Jakarta, aturannya ada lagi, yakni selain rumah dekat sekolah, juga soal usia. Makin tua seseorang siswa, maka makin besar kesempatan masuk sekolah negeri.

Aturan Gubernur Anis Baswedan ini mendapat tentangan keras orang tua siswa. Namun ternyata, aturan di lingkup Provinsi DKI Jakarta ini dianggap sudah benar dan sesuai dengan Permendikbud Nomor 17 tahun 2017 dan Nomor 44 tahun 2019. Pemerintah DKI sudah menerapkan aturan tersebut, yakni selain zonasi juga ada ketentuan soal usia. Ketentuan semacam ini bagi sekolah negeri juga diterapkan di beberapa negara lain. 

Di Amerika Serikat, aturan zonasi itu sudah lama diterapkan. Karena itu, di Amerika tidak ada sekolah negeri favorit. Yang favorit justru sekolah swasta, bahkan sampai tingkat universitas, yang terkenal dan hebat adalah universitas swasta, seperti Stanford University dan Harvard University. Sekolah negeri adalah pemerataan.

Di Korea Selatan pun sama, sekolah negeri adalah pemerataan, termasuk prioritas soal umur masuk sekolah. Indonesia memang terlambat soal ini, termasuk Jakarta. Jadi kalau ada orang tua demo soal batasan usia, adalah persoalan ketidakpahaman. Tapi juga ada kesalahan pemerintah, yakni harusnya ada masa transisi panjang, setidaknya diterapkan bertahap pada tingkat sekolah dasar. 

Ini penting juga, agar orang tua nantinya tidak perlu  buru-buru memasukkan anaknya sekolah. Pola pikir orang tua harus dirubah total, sebab dulu bangga kalau bisa memasukkan anaknya sekolah umur 5 tahun.

Ditulis Redaktur Senior RRI Widhie Kurniawan.

00:00:00 / 00:00:00