Sejumlah Pasar Tradisional Ditutup, Pedagang Positif Corona

antarafoto_protokoll_kesehatan_pasar_tradisional_jakarta_reno_esnir.jpg

Ditulis Redaktur Senior RRI Widhie Kurniawan.

Bila membandingkan potensi penyebaran virus corona antara pasar tradisional dengan pasar ritel modern, maka pasar tradisional lebih mengkhawatirkan. Beberapa waktu lalu pasar Kupang di Surabaya ditutup, karena ada pedagang positif virus corona. Kemudian di Bandung Jawa Barat, ada pasar Sedangserang, Haur Pancuh, dan Leuwi Panjang. Di Jakarta ada 19 pasar, dan salah satunya yang terbilang besar adalah Pasar Kebayoran Lama di Jakarta Selatan.

Salah satu problem pasar tradisional dalam menerapkan protokol kesehatan bukan sekedar pakai masker dan jaga jarak, tetapi juga pola transaksi antar pedagang dengan konsumen dan juga antara sesama pedagang. Bila di pasar ritel modern peredaran uang sudah mengarah pada cashless dan menggunakan ATM Kartu Debit atau Kartu kredit, maka di pasar tradisional masih menggunakan cara pembayaran uang tunai.

Uang cash beredar berkali-kali dalam satu hari. Dan mereka tidak pernah tahu siapa di antaranya yang positif virus corona. Faktanya, banyak yang positif setelah test, terutama tes SWAP dan PCR. Ini jelas mengkhawatirkan. Belum lagi lorong antar loss pasar sangat sempit, mungkin sulit jaga jarak. 

Di sini peran pentingnya bukan pada Gubernur DKI Anies Baswedan, atau Walikota Bandung Mang Oded, namun pada kepala pasar. Ia harus mampu mendisiplinkan pedagang dan pembeli. Jadi, bila ada pedagang yg positif, maka bukan saja ditindaklanjuti dengan menutup pasar tradisional tersebut, tapi copot dari jabatannya.

Terus sampai ke pimpinan pasar yang lebih tinggi di masing-masing daerah. Kita tidak ingin pasar tradisional sebagai epicentrum dan super spreader virus corona di tanah air. Tapi orang Indonesia memamg unik, ada pasar tradisional sudah ditutup saja, tapi tetap ada pedagang yang masih berjualan sembunyi-sembunyi. Alasannya klasik, soal perut. Susah juga ternyata memimpin orang banyak.

00:00:00 / 00:00:00