Kebijakan Kementerian Agama Batalkan Pemberangkatan Haji 2020 

antarafoto_saudiarabia_meccageneralview_covid19preventivemeasures_07052020.jpg

KBRN, Jakarta : Kendati ini merupakan kebijakan sulit, tapi kita perlu memberi apresiasi kepada Kementerian Agama Republik Indonesia soal Pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun ini. Pembatalan atau penundaan, adalah pilihan paling logis pada kondisi pandemik virus corona saat ini. Kebijakan Kementerian Agama yang disampaikan langsung Menteri Agama Fahrul Razi, bahkan lebih cepat dibandingkan sikap pemerintah Arab Saudi yang belum menentukan status pelaksanaan haji tahun 2020 ini. 

Segala kebijakan tentu ada risikonya. Risiko itu dapat berupa kekecewaan jemaah, ketidakjelasan nasib tahun depan bagi jemaah resiko tinggi, dampak bagi perusahaan penerbangan, pemondokan di Arab Saudi, catering, dan beragam dampak sosial ekonomi lainnya. Tapi sekali lagi, ini adalah pilihan paling logis pada kondisi pandemik virus corona. Dampak sosial ekonomi tentu berat terasa, namun kemaslahatan umat secara keseluruhan adalah penting. 

Setidaknya ini gambaran hikmah kementerian yang dipimpin oleh tentara berlatar belakang infanteri.Cepat dan tegas dalam bersikap dan menentukan kebijakan. Dampak pasti ada, tapi keselamatan jemaah jauh lebih diutamakan. Dan nyatanya, banyak pihak mendukung kebijakan Menteri Agama Fahrul Razi.

Ditulis Redaktur Senior RRI Widhie Kurniawan.

00:00:00 / 00:00:00