Rencana Pegawai BUMN Kembali Kerja 25 Mei Mendatang

foto_pekerja_antara_foto_akbar_nugroho_gumay.jpg

Ditulis Redaktur Senior Widhie Kurniawan.

-------

Kita tidak perlu menyoal tanggal 25 Mei 2020 sebagai awal masuk kembali pegawai BUMN sesuai surat edaran menteri BUMN, sebab mengenai tanggal tersebut sudah ada penjelasan tambahan. Namun yang menarik adalah skenario masuk kembali pegawai BUMN yang umurnya di bawah 45 tahun. Ini menarik, sebab ditengah kekecewaan sejumlah tenaga medis akan perilaku sejumlah anggota masyarakat yang bengal karena masih sering kumpul bersama dan mengabaikan protokol kesehatan, kementerian BUMN sudah mencanangkan skenario masuk kerja kembali.

Orang bilang, ini adalah skenario New Normal. Kehidupan baru di tanah air dengan suasana baru. Menurut beberapa ahli, COVID-19 memang akhirnya tidak dapat dihilangkan sama sekali. Sedang pada sisi lain, masyarakat perlu untuk beraktivitas kembali. Kita tentu harus berempati pada seluruh pihak yang berjuang melawan virus corona, termasuk gugurnya sejumlah tenaga medis. Namun Mall perlu buka, pasar perlu ramai, hotel perlu pengunjung, dan industri perlu berpur kembali. Karena virus corona tidak dapat dijamin hilang sama sekali, maka pilihannya adalah kembali beraktifitas, hidup berdampingan dengan virus corona, tapi kita berusaha untuk tidak menyebarkannya. Kondisi inilah yang disebut new normal. Kehidupan baru dengan tatanan baru dan protokol baru dibanding sebelum masuknya virus corona. 

Ke depan, kendati tidak ada larangan bepergian dan beraktifitas, akan tetapi tata caranya mengikuti protokol kesehatan. Istilah Menko Maritim dan Investasi, Luhut Pandjaitan, tidak ada lagi salam-salaman saat berjumpa atau kegiatan apapun, tidak ada lagi cium pipi kanan dan kiri, bahkan tidak ada lagi acara sungkeman saat hari raya dan hajatan. Semua itu seandainya dilakukan, tetap dengan protokol kesehatan. Pakai masker, pakai sarung tangan, dan jaga jarak 1 setengah meter. Kita juga tidak boleh batuk dan meludah sembarangan. Inilah makna kehidupan new normal di tanah air. Kementerian BUMN sudah menyiapkan skenario tersebut. 

Setelah BUMN, maka bisa jadi ASN pegawai negeri sipil yang umurnya di bawah 45 tahun, harus siap-siap masuk kantor lagi. Sebab , pada tanggal 29 Mei adalah batas akhir PNS ASN kerja di rumah. Saatnya kita semua bersiap siap ke kantor lagi, naik trans Jakarta, kereta Comuter, transpotasi umum dan naik ojek online kembali, tapi tetap jaga jarak satu meter. Dan jangan lupa bawa helm sendiri, agar tidak tertular dan menularkan virus corona.

00:00:00 / 00:00:00