Anggaran PKB Badung 2021 Direfocusing Jadi 1,3 Miliar Rupiah

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Komunitas Seni Semal Megamel, Desa Abiansemal saat rekaman pementasan virtual di Taman Budaya Denpasar

KBRN, Badung : Berlangsung ditengah pandemic covid 19, Pemerintah Kabupaten Badung memastikan tetap mengirim duta kesenian dalam ajang Pesta Kesenian Bali ke 48 dengan mengikuti 6 parade lomba dari 18 parade yang dilombakan. Tidak hanya keikutsertaan dalam lomba yang dibatasi, anggaran PKB Badung pun direfocusing dari 1,6 Miliar Rupiah menjadi 1,3 Miliar Rupiah.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Putu Gede Eka Sudarwitha saat dikonfirmasi RRI di Mangupura Badung, Minggu (30/5) tidak menampik hal tersebut. Menurutnya, refocusing anggaran PKB menjadi keputusan tepat mengingat adanya pembatasan peserta dan penundaan pawai pembukaan, sehingga dananya bisa dialihkan untuk keperluan lain yang lebih urgent.

Eka Sudarwitha mengungkapkan, pertunjukkan kesenian dalam PKB kali ini juga sebagian besar secara virtual dengan kecanggihan teknologi digital dan membatasi keterlibatan banyak orang maupun penonton. Ia mengklaim, kendati digelar secara virtual, pertunjukan seni budaya itu akan menjadi tontonan sehat masyarakat ditengah pandemic.

“Anggarannya justru setengah dari yang biasa atau direncanakan sebelumnya karena jauh lebih efisien jadi setengah rata – rata yang disiapkan oleh kami disamping juga kondisi keuangan daerah saat ini,” Pungkas Eka Sudarwitha.

Eka Sudarwitha mengungkapkan, dalam ajang PKB nanti, salah satu parade yang diikuti yakni Gong Kebyar Dewasa yang telah dilakukan perekaman pementasan virtual. Pementasan virtual yang diwakili  tersebut sesuai protokol kesehatan ketat yakni para penabuh, penari maupun perangkat pendukung lainnya sudah divaksin dan telah melakukan tes rapid antigen dengan hasil negatif. Dalam pementasan virtual tersebut, Komunitas Seni Semal Megamel menyuguhkan Tabuh Kutus Periring Kreasi “Rimba”. Penampilan kedua, tari Kreasi Kekebyaran “Yadnja Patni”. Sementara penampilan pamungkas tari Kreasi Bebarisan “Bala Wana”. Hasil rekaman pementasan Gong Kebyar Dewasa tersebut akan ditayangkan di TV serta kanal Youtube Dinas Kebudayaan Provinsi Bali 3 Juli 2021. Sementara, PKB ke-43 tahun 2021 dengan tema ‘’Purna Jiwa Prananing Wana Kerthi Jiwa Paripurna Napas Pohon Kehidupan’’ akan berlangsung 12 Juni hingga 10 Juli 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00