PKB ditengah Covid 19, Ruang Kreativitas Pelestarian Seni Budaya

Pawai Pesta Kesenian Bali - PKB sebelum Pandemi - Ist

KBRN, Badung : Digelar ditengah pandemic covid 19, Pesta Kesenian Bali – PKB ke 43 tahun 2021 secara virtual diharapkan menjadi ruang pengembangan kreativitas seni budaya Bali tanpa mengubah pakem – pakem tradisional. PKB dengan mengusung tema Purna Jiwa Prananing Wana Kerthi itu diklaim sebagai pesta kesenian era baru dengan tidak melibatkan banyak orang, namun tetap menjadi ruang kreativitas seniman ditengah pandemic.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Putu Gede Eka Sudarwitha dikonfirmasi RRI di Mangupura, Badung, Sabtu (22/5/2021) mengatakan, Pesta Kesenian Bali secara virtual menjadi salah satu ruang bagi seniman mengembangkan kreativitas dengan platform digital. Menurutnya, melalui platform virtual, seniman justru harus lebih kreatif tanpa menghilangkan pakem – pakem seni budaya tradisional. Eka Sudarwitha mengatakan, PKB virtual ini akan memberikan totonan yang sehat bagi masyarakat, karena pementasan seni budaya diatur sesuai protokol kesehatan yang sebagian besar bisa disaksikan melalui kanal online.

“Mendorong membuka ruang untuk berkreativitas seni disamping itu keekonomian dari pengembangan seni itu sendiri karena kalangan dan komponen seniman juga tentu mendukung pencegahan pandemic ini tetapi di lain pihak tetap ada ruang untuk berkreasi dan bergerak”, pungkas Eka Sudarwitha.

Pesta Kesenian Bali tahun ini dipastikan tetap digelar dengan protokol kesehatan ketat. Pementasan seni budaya yang berlangsung Juni hingga Juli 2021 itu sebagian besar akan memanfaatkan platform online dengan tidak melibatkan banyak orang. Kendati begitu, PKB tetap akan mengakomodir kreativitas seniman ditengah pandemic.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00