KBS Tidak Bisa Mengcover Penyakit diluar Tanggungan BPJS

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta

KBRN, Badung : Sempat menjadi jaminan kesehatan krama badung khusus kasus – kasus penyakit yang tidak tercover BPJS, belakangan kartu Krama Badung Sehat – KBS tidak lagi bisa mengcover kasus penyakit diluar tanggungan BPJS. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura Badung, Sabtu (22/5/2021) mengungkapkan, program unggulan KBS saat ini tidak bisa dijalankan, karena adanya perubahan aplikasi dari Pemerintah Pusat. Dikatakan, tahun ini, Pemerintah Pusat memberlakukan Sistem Informasi Pemerintah Daerah – SIPD, sehingga daerah tidak diperbolehkan memberikan dana gelondongan. Bupati Giri Prasta menegaskan, akan melakukan evaluasi, sehingga KBS bisa kembali menjamin kesehatan krama Badung tanpa melanggar aturan pusat.

“Untuk itu kita sudah ke pusat untuk membuat rumahnya. Sama contohnya di dunia pendidikan kan tidak ada itu rumahnya pemerintah daerah boleh menyekolahkan siswa berprestasi ke luar negeri . Tapi ketika kita sudah berkomunikasi akhirnya dibolehkan. Bukannya kita meninggalkan program yang sudah ada, tidak! Karena semua harus kita sesuaikan,” tegasnya. 

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dokter I Nyoman Gunarta terkait keberlangsungan KBS di Badung akibat perubahan sistem. Ia tidak menampik saat ini Pemkab belum bisa membayarkan program KBS terkait kasus – kasus penyakit yang tidak tercover BPJS kesehatan. Ia menjelaskan, program KBS terkait tanggungan Pemerintah atau Penerima Bantuan Iuran – PBI masih tetap jalan hanya kasus penyakit yang tidak tercover BPJS yang tidak bisa dibayarkan. Seperti diberitakan, sejak pemberlakuan Peraturan Menteri Dalam Negeri – Permendagri No 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah, kodefikasi belanja integrasi jaminan kesehatan krama badung sehat sebagai jasa layanan kesehatan diluar tanggungan BPJS tidak tersedia dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00