Kepolisian All Out Kawal Pelantikan Enam Kepala Daerah di Bali

Jajaran Polda Bali melakukan koordinasi persiapan pengamanan pelantikan enam Kepala Daerah di Pulau Dewata. (Humas Polda Bali)

KBRN Denpasar : Sebanyak 132 personel Polda Bali disiagakan  untuk mengawal pelantikan bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota terpilih pada Pilkada tahun 2020. Pelantikan tersebut rencananya dilaksanakan di Gedung Wiswa Sabha, Denpasar, Jumat (26/2/2021) sekitar pukul 09.00 Wita.

Karo Ops Polda Bali sekaligus Karendalpam, Kombes Pol. Firman Nainggolan mengatakan, pihaknya dan perkuatannya dibantu instansi terkait melaksanakan pengamanan terbuka maupun tertutup. Langkah itu untuk memastikan pelantikan ini berjalan aman dan lancar.

Polda Bali kata Firman Nainggolan sudah berkoordinasi dengan pemprov dan pemerintahan di masing-masing kabupaten dan kota serta aparat keamanan lainnya agar kegiatan pelantikan mentaati protokol kesehatan.

“Karena masih situasi pandemi Covid-19, acara pelantikan akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan. Jumlah orang yang ada di ruangan dibatasi dan sudah melaksanakan tes usap antigen,” kata Karo Ops di Mapolda Bali, Kamis (25/2/2021).

Walaupun yang hadir sedikit, Polda Bali dipastikan tetap melaksanakan pengamanan secara maksimal.

“Tidak boleh underestimate dan beranggapan bahwa ini hanya pengamanan biasa. Pengamanan akan dilakukan sesuai SOP yang ada,” tegasnya.

Dijelaskannya pengamanan akan dibagi menjadi 3 ring. Ring 1 di Gedung Wiswa Sabha, ring 2 di areal dalam kantor Gubernur sedangkan ring 3 di areal luar kantor Gubernur.

“Pengamanan akan dilakukan secara ketat di pintu masuk Gedung Wiswa Sabha. Semua orang harus melewati security door dan yang boleh masuk hanya yang membawa id card,” terang Kombes Pol. Firman Nainggolan, S.H., M.H.

Seperti diketahui, pelantikan ini berdasarkan hasil sidang pleno penetapan pasangan calon bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota terpilih pada Pilkada tahun 2020 di enam kabupaten/kota di provinsi Bali yang sudah digelar Sabtu (23/1/2021).

KPU menetapkan pasangan I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E. - Kadek Agus Arya Wibawa, S.E., M.M. sebagai Walikota dan Wakil Walikota Denpasar terpilih. Untuk Kabupaten Badung, pasangan I Nyoman Giri Prasta, S.Sos. - Drs. I Ketut Suiasa, S.H. ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Kemudian KPU mengumumkan pasangan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. -  I Made Edi Wirawan, S.E. sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabanan terpilih. Menetapkan pasangan I Nengah Tamba, S.H. - I Gede Ngurah Patriana, S.T. Bupati dan Wakil Bupati Jembrana terpilih.

Untuk Pilkada Bangli, dimenangkan pasangan Sang Nyoman Sedana Artha - I Wayan Diar, Sst.Par. Sedangkan Pilkada Karangasem dimenangkan pasangan I Gede Dana, S.Pd., M.Si - Dr. I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00