Kodim 1610/Klungkung Kumpulkan 22 Kantong Darah

KBRN, Klungkung : Komando Distrik Militer (Kodim) 1610/Klungkung melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan yang menggandeng PMI Kabupaten Klungkung itu untuk mengantisipasi ketersediaan darah di 'Bumi Serombotan'. Kegiatan ini melibatkan 40 orang. 

Wakil Bupati Klungkung sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung, I Made Kasta menyampaikan apresiasi kepada Kodim 1610/Klungkung  atas terselenggaranya kegiatan donor darah ini. 

"Saya ucapkan terima kasih khususnya kepada para pendonor yang telah hadir dan berpartisipasi untuk menyumbangkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan," ungkapnya disela-sela donor darah di Makodim 1610/Klungkung, Jumat (3/4/2020). 

Sementara Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon yang diwakili Kasdim Mayor Inf Hari Sulasto menyampaikan, donor darah ini untuk membantu PMI dalam menjaga ketersediaan darah. 

"Manfaat donor darah ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini terjadi karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang sehingga sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan sel darah merah yang hilang," paparnya. 

"Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpacu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar. Melalui sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk virus corona atau COVID-19 yang sedang mewabah sekarang ini," sambungnya. 

Adapun hasil donor darah yang diperoleh yaitu golongan darah AB  sebanyak 1 kantong, golongan darah B sebanyak 8 kantong, golongan darah A sebanyak 6 kantong dan golongan darah O sebanyak 7 kantong, dengan jumlah perolehan keseluruhan 22 kantong.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00