Jelang Pemilu 2024, Bupati Karangasem Buka Kegiatan Pembinaan Pendidikan Politik

KBRN, Karangasem : Bupati Karangasem I Gede Dana, membuka Kegiatan Pembinaan Pendidikan Politik Bagi Elemen Masyarakat di Kabupaten Karangasem bertempat di Balai Banjar Tihingan, Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, Rabu (29/06/2022)

Acara yang digagas Pemkab Karangasem melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karangasem ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai haknya dalam memberikan suara saat Pemilu maupun Pemilihan secara mandiri, rasional, dan  bertanggungjawab, menjelang Pemilu Serentak 2024.

Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Karangasem sampai tanggal 9 Agustus 2022. Dan untuk meningkatkan kualitas Pemilu dan Pemilihan serentak di Kabupaten Karangasem khususnya di desa yang tingkat partisipasinya rendah, rawan bencana alam, rawan konflik serta desa dengan potensi pelanggaran Pemilu dan Pemilihan serentak yang tinggi akan menjadi sasaran tempat pelaksanaan kegiatan ini.

Bupati Gede Dana mengatakan, dalam rangka menyongsong Pemilu dan Pemilihan serentak pada tahun 2024, kegiatan ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan guna mengedukasi masyarakat dalam memfilter informasi, sehingga masyarakat tidak mudah termakan isu hoaks terkait pelaksanaan pemilu.

Disamping itu juga dapat membentuk kader yang mampu menjadi penggerak dan penggugah kesadaran politik masyarakat desa dan menghindarkan masyarakat dari praktek money politic (politik uang) yang sering terjadi menjelang pemilu atau pemilihan serentak dan meningkatkan kuantitas serta kualitas partisipasi pemilih.

Bupati Gede Dana mengatakan berbagai persoalan sering kita dengar terkait dengan proses pemilihan baik Pilkades, Pilkada maupun Pemilu. Karena demokrasi di Indonesia yang berjalan selama ini dirasa belum mampu mewujudkan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh dalam konteks keadilan sosial yang merata.

Hal ini semakin menambah krisis kepercayaan kepada siapapun. Untuk itu pendidikan politik seperti saat ini, sangat penting sebagai upaya penyadaran politik bagi penyadaran masyarakat.

Gede Dana juga menyebutkan, pemilu sangat penting bagi perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara, banyak yang apriori dengan partai politik. Padahal Partai Politik adalah pilarnya bangsa dan negara. Bayangkan jika sebuah bangsa yang diumpakan dengan bangunan tanpa partai politik sebagai pilarnya, pasti roboh. Setiap tidak ada kepuasan masyarakat biasanya dikarenakan oknumnya, bukan partainya.

“Apa yang kita lakukan pada pertemuan ini adalah bagian dari tugas Pemerintah Daerah dalam melaksanakan urusan Pemerintahan Umum yaitu pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila melalui pendidikan politik dalam mewujudkan Desa Amerta Bhuana yang Peduli Pemilu dan Pemilihan,” tutupnya. 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar