Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, Bawaslu Karangasem Kembali Lakukan Uji Petik

Bawaslu_Karangasem Lakukan Uji Petik (IST)

KBRN,Karangasem: Pimpinan Bawaslu Kabupaten Karangasem, I Nyoman Merta Dana menjelaskan Uji petik tersebut sebagai upaya pengawasan terhadap Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang dilakukan KPU. Untuk itu Bawaslu Karangasem melakukan Uji Petik periode April Tahun 2022 di Desa Seraya Barat dan Desa Tumbu, Selasa (17/5/2022). Hal ini merupakan bagian dari pengawasan Bawaslu untuk memastikan Pemutakhiran DPB dilaksanakan KPU telah sesuai dengan prinsip berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pada dasarnya, uji petik dilakukan guna mendapatkan Daftar Pemilih yang valid dan berkualitas yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, “ ujarnya.

Lebih lanjut, Pria Asal Desa Tumbu ini menjelaskan dalam kegiatan uji petik periode April ini, dirinya melakukan koordinasi secara langsung dengan pemerintah desa Seraya Barat dan Desa Tumbu dan menjelaskan maksud dan tujuan dari uji petik ini yaitu mencari warga dengan sampling kategori 1 (Satu) orang Pemilih Pemula dan 3 (Tiga) orang Meninggal.

“Kami berkoodinasi dengan Kepala Desa Seraya Barat dan Tumbu dan menjelaskan maksud dan tujuan Bawaslu Kabupaten Karangasem di Desa tersebut yaitu mencari sampling Kategori Pemilih Pemula dan Meninggal“, Jelas Merta.

Terakhir, Kordiv Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Karangasem ini mengatakan, saat pencarian sampling di Desa Seraya Barat dan Desa Tumbu, Tim dari Bawaslu Kabupaten Karangasem didampingi oleh Kepala Dusun Dauh Pangkung, Kalanganyar dan Tumbu Kelod dengan mencari 1 (Satu) orang Pemilih Pemula dan 3 (Tiga) orang meninggal.

“Saat pencarian sampling, kami dibantu oleh Kepala Dusun setempat sehingga pencarian menjadi lebih efektif. Sampling yang dicari memang sesuai dengan data yaitu 1 (Satu) orang Pemilih pemula dan 3 (Tiga) orang meninggal, “ Pungkas Merta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar