Gelar Donor Darah, JR Bali Bantu Jaga Pasokan PMI

Salah seorang peserta donor darah yang digelar PT. Jasa Raharja Cabang Bali. (Istimewa)

KBRN, Denpasar : PT. Jasa Raharja Cabang Bali menyelenggarakan kegiatan donor darah di Parkir Timur Lapangan Niti Mandala Denpasar, Rabu (2/12/2020). 

Tak sekadar donor darah, bertepatan dengan HUT ke-60 PT. Jasa Raharja, juga telah dilaksanakan penanaman pohon di Pantai Pererenan, Badung, Jumat (27/11/2020). 

Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Bali Lalu Saripudin. (KBRN)

Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Bali, Lalu Saripudin mengatakan, kegiatan donor darah kali ini dilaksanakan serentak di 29 kantor cabang seluruh Indonesia. 

Khusus di Bali, PT. Jasa Raharja bersama mitra seperti kepolisian, dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menargetkan mampu memenuhi setidaknya 100 kantong darah. 

"Jadi memang didalam kondisi pandemi ini banyak pertimbangan untuk kita melakukan hal-hal yang bersifat mengumpulkan orang. Mitra untuk donor darah kita bagi sudah mulai dari 30 November. Misalnya mitra dari kepolisian harinya kita atur supaya berbeda dengan mitra lainnya," katanya disela-sela kegiatan donor darah, Rabu (2/12/2020). 

"Kita berikan 1 mitra itu 10-20 orang berkisar 2 jam. Setelah mitra yang satu selesai, baru giliran mitra yang lain. Salah satu upaya menghindari kerumunan orang," sambungnya. 

Menurut Saripudin, selama pandemi, Palang Merah Indonesia (PMI) mengalami kekurangan stok darah. Kondisi itu diakibatkan oleh keengganan masyarakat dalam melakukan donordarah. Selain itu, pandemi COVID-19 juga membuat masyarakat khawatir beraktivitas di luar rumah. 

"Maka kita ajak mitra untuk menambah ketersediaan darah karena pada kondisi sekarang sangat dibutuhkan. Sehingga Jasa Raharja tetap berupaya maksimal adanya donor darah. Mudah-mudahan ini memberikan manfaat bagi masyarakat kita semua," ucapnya. 

Saripudin berharap melalui aksi tersebut akan menggugah masyarakat yang sehat mendonorkan darah. 

"Jika kesadaran masyarakat meningkat, tentunya akan membantu PMI dalam menjaga ketersediaan darah," pungkas Lalu Saripudin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00