Harga Pangan Jelang Hari Raya Stabil, Disperindag Tiadakan Operasi Pasar

KBRN, Denpasar: Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan persedian bahan pangan untuk masyarakat masih dalam posisi aman dan dari sisi harga juga tidak terjadi kenaikan yang signifikan. Kadis Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Bali I Wayan Jarta kepada RRI di Denpasar Sabtu, 13-9-2020 menjelaskan, hanya daging ayam dan daging babi yang diperkirakan akan naik tetapi kenaikannya juga tidak terlalu tinggi.

“ Yang lainnya tiyang lihat berdasarkan pantauan dilapangan secara umum tidak ada fluktuasi harga hampir sama. Suplay barang-barang juga cukup,” ucapnya.

Jarta mengatakan, saat ini terjadi justru terjadi kelebihan stok dilapangan karena produksi petani melimpah sedangkan keperluan masyarakat tidak begitu meningkat. Hal ini disebabkan pengaruh Pandemi Covid-19 sehingga meskipun menjelang Hari Raya Galungan tetapi masyarakat melaksanakannya dengan sederhana mengingat daya beli masyarakat sangat rendah.

“ Yang penting mana saja harus dilakukan itu saja. Tidaklah ada aktifitas yang istilahnya berlebihan. Kalau dulu menjelang Galungan mungkin sudah ramai orang potong babi, dan segala macam niki tiyang lihat kayaknya ada penurunan itu ,” imbuhnya,

Jarta menambahkan mengingat harga dipasaran masih stabil maka pihaknya tidak melakukan pasar murah maupun operasi pasar yang biasanya dilakukan menjelang Hari Raya. Pihaknya hanya bekerjasama dengan Dekranasda, Bank Indonesia, BPD dan Bank Himbara  dan pihak lainnya melaksanakan Pasar Gotong Royong yang akan berlangsung hingga hari ini (Minggu 14/9) bertempat di depan kantor Gubernur Bali. Pasar Gotong Royong menjual kebutuhan hari raya masyarakat dengan harga bersaing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00