Kasus DBD di Gianyar Menurun

KBRN, Denpasar: Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) tidak bisa dilakukan musiman saja, tetapi harus berkelanjutan. Hal itu yang terus ditekankan para petugas Puskemas Gianyar I dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan kasus Demam Berdarah Dengua (DBD).

Kepala Puskesmas Gianyar I, dr. Ida Ayu Ratna Tisna kepada RRI Selasa, (11/8/2020) mengatakan dari 10 desa/kelurahan dibawah naungan Puskemas Gianyar saat ini terjadi penurunan kasus cukup signifikan. Keluarhan Gianyar masih menyisakan 6 kasus saja. Lonjakan kasus sebelumnya sempat terjadi pada bulan Maret, April, dan Mei lalu.

“Kalau DBD bulan ini sudah menurun sejak Juni lalu, peningkatan itu justru bulan Maret, April dan Mei lalu, kalau sekarang sudha mulai turun”, ungkapnya.

Meski jumlah kasus menurun, namun dr. Ida Ayu Ratna tetap mengingatkan masyarakat untuk mengintensifkan gerakan 3M Plus.

“Kita masih harus menjalankan upaya pencegahan 3M plus, jangan pernah lupakan itu”, tegasnya.

Kepala Puskesmas Gianyar I itu menambahkan, selain edukasi kepada masyarakat, petugas bersama juru pemantau jentik juga melakukan pemetaan wilayah rawan atau zona merah. Pemetaan epidemiologi tersebut penting dilakukan agar kasus DBD yang mulai menurun tidak bertambah lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00