Seluruh Perguruan Tinggi di Tabanan Menyumbang Ribuan Masker Kepada Pedagang di Pasar Tradisional Tabanan

KBRN, Tabanan: Bekerjasama dengan APTISI Wilayah VIII A Bali , seluruh Perguruan Tinggi di Tabanan Peduli Memutus Penyebaran COVID-19 memberikan sumbangan 1.650 buah masker kepada pedagang di tiga pasar tradisional di Tabanan pada Jumat (10/7/2020).

Rektor Universitas Tabanan, I Gede Made Rusdianta selaku kordinator lapangan dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa aksi pembagian masker ini  sebagai wujud kepedulian perguruan tinggi ikut memutus mata rantai penyebaran pandemi covid 19, khususnya di Tabanan.

“ Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pimpinan perguruan tinggi atas kerja samanya serta partisipasinya ikut berkontribusi menambah jumlah masker dari Aptisi Wilayah VIII A Bali,” ujarnya.

Rusdianta menjelaskan, penyerahan bantuan masker ini dilaksanakan oleh semua perwakilan perguruan tinggi dan diterima langsung oleh koordinator pasar yaitu Wayan Miasa, SH ( pasar Kediri ), I Made Indra Bayu ( pasar Tabanan ) dan I Made Budiadi ( pasar Dauh Pala ).

Dipilihnya pasar menurutnya karena pasar saat ini  menjadi cluster baru penyebaran covid-19 di Bali.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian masyarakat dengan memberikan pelayanan serta ikut memberikan edukasi tentang protap kesehatan yang benar.

“ Bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya pedagang dan pengunjung pasar agar minimal bisa melaksanakan protap kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dengan disiplin,” imbuhnya.

Menurut Rusdianta, yang terpenting bagaimana masyarakat bisa melaksanakan 3W yaitu Wajib memakai masker standar dengan benar, Wajib mencuci tangan dengan benar, dan Wajib menjaga jarak social dan physical distancing.

“ Astungkara penyebaran covid-19 ini bisa dicegah. Apalagi jika setiap orang bisa melaksanakan pola hidup bersih dan sehat , membawa hand sanitizer setiap berpergian , ditambah dengan makan dan minum yang bergizi serta olah raga yang cukup, itu akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Rusdianta mengatakan,  mulai 9/7/2020 Pemerintah sudah memberlakukan new normal secara bertahap , karena itu semua pihak harus menyadari dan disiplin agar covid-19 ini segera bisa dikendalikan.

“ Semoga acara ini dapat bermanfaat untuk semua dan acara kepedulian ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan,” ujarnya.

Ia mengajak semua pihak untuk berdoa  agar wabah pandemi covid-19 ini segera bisa dikendalikan dan musnah dari muka bumi ini.

Sementara itu Koordinator Kepala Pasar Tabanan, I Made Indra Bayu menyambut positif kegiatan yang dilakukan Untab bersama perguruan tinggi lainnya di Tabanan.

“ Bantuan ini sangat berarti bagi para pedagang. Dengan disiplin menerapkan protocol kesehatan maka kunci dari hidup ini yaitu kesehatan akan dapat terwujud,” ucapnya.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan pembagian masker tersebut , semua perguruan tinggi yang ada di Tabanan antara lain Universitas Tabanan (Untab), IKIP Saraswati, Stisip Margarana, Stikes Advaita, Politeknik Internasional Bali dan Undhira.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00