Kodam IX/Udayana Kirim Ratusan Pasukan Elite ke Papua

Satgas Pamtas Yonif Raider 900/SBW. (KBRN)

KBRN, Pelabuhan Benoa : Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana mengirim 450 pasukan elite ke Papua. Seluruh pasukan elite itu berasal dari Batalyon Infanteri Raider 900/Satya Bhakti Wirottama.

Ratusan pasukan elite tersebut tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif Raider 900/SBW. Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto secara langsung melepas pasukannya dalam upacara pengantaran, di Pelabuhan Benoa, Jumat (29/5/2020).

Pangdam IX/Udayana melepas Satgas Pamtas Yonif Raider 900.SBW. (KBRN)

Mayjen TNI Benny Susianto menjelaskan, Satgas Pamtas Yonif Raider 900/SBW diberangkatkan menggunakan KRI Banda Aceh 593.

"Hari ini saya melepas satuan saya, yaitu Yonif Raider 900 yang dipercayakan oleh negara untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan didaerah Papua. Dan acara ini bagian daripada tradisi, sebagai bentuk support dan dukungan para unsur pimpinan kepada prajuritnya yang akan melaksanakan tugas," ungkap Pangdam IX/Udayana, di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Jumat (29/5/2020).

"Dengan harapan, mereka berangkat dengan penuh kebanggaan dan kehormatan. Pada akhirnya lahir tanggung jawab pada diri mereka untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," lanjutnya.

Satgas Pamtas Yonif Raider 900/SBW. (KBRN)

Pengiriman pasukan disebut Benny Susianto sebagai salah satu bentuk rotasi ditubuh Tentara Nasional Indonesia.

"Ini adalah bagian daripada rotasi. Jadi manajemen penugasan di TNI, pergantian. Satuan yang tugas berbulan-bulan diganti. Jadi penyegaran lah," jelas jenderal bintang dua itu.

Pangdam IX/Udayana lebih lanjut mengatakan, 450 prajurit Yonif Raider 900/SBW ini akan bertugas di perbatasan Bumi Cendrawasih selama 9 bulan.

"Tim advance (pendahulu) sudah berangkat. Ini main bodynya yang dipimpin langsung oleh komandan bataliyonnya," pungkas mantan Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI tersebut.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto. (KBRN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00