Cegah Covid-19, Diskominfos Bali Imbau Warga Bersilahturahmi Online di Hari Lebaran

KBRN, Denpasar: Hari Raya Idul Fitri tahun ini bagi umat muslim sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat negeri masih berjuang melawan pandemi covid-19. Silahturahmi tidak dapat dilaksanakan langsung di hari kemenangan.

Kepala Dinas Kominfos Propinsi Bali Gede Pramana saat dihubungi RRI Sabtu, (23/5/2020) mengatakan silahturahmi di hari lebaran tetap dapat terjalin memanfaatkan media sosial dan dilakukan secara online. Hal itu penting dilakukan demi keselamatan bersama untuk mencegah penularan covid-19 semakin masif di Pulau Dewata.

“Kalau lewat online banyak yang bisa dilakukan apakah itu SMS, Skype, Zoom itu bisa dilakukan untuk menjaga silahturahmi. Itu penting karena tidak harus kita datang langsung karena kita masih harus mencegah penyebaran covid-19, terutamanya transmisi lokal di Bali”, ujarnya.

Gede Pramana mengatakan banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melaksanakan silahturahmi online seperti skype, zoom, whatsapp, dan sebagainya. Kadiskominfos Bali itu menegaskan meski saat ini sedang diupayakan untuk menuju kehidupan new normal, namun semasih bisa dihindari untuk berkerumun dalam jumlah banyak, hal tersebut lebih utama dalam perjuangan melawan covid-19.

Sementara itu salah seorang warga muslim asal Solo Jawa Tengah Purwati menuturkan dirinya siap menaati imbauan pemerintah. Termasuk larangan pulang kampung sudah dipatuhi, dan silahturahmi di hari Lebaran ini juga dilakukan secara online.

“Semua sekarang memang sudah punya HP untuk bisa video call, itu sudah saya lakukan, karena saudara saya itu ada di Kalimantan, ada di Jambi, ada di Surabaya, jadi masih bisa silahturahmi lewat online”, tuturnya.

Purwati mengakui meski dapat melakukan silahturahmi secara online, namun tidak sepenuhnya bisa mengobati kerinduan dengan sanak saudara. Apalagi tradisi Jawa, khususnya warga Solo saat Hari Lebaran duduk bersimpuh dihadapan orang-orang yang dituakan dengan tutur bahasa halus. Namun karena kondisi tidak memungkinkan, semua keluarganya pun sudah memaklumi demi keselamatan bersama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00