Cegah Penularan Covid-19, Pemerintah Wajibkan Masyarakat Gunakan Masker Keluar Rumah

KBRN, Denpasar: Mencegah penularan Covid -19, Pemerintah mewajibkan masyarakat menggunakan masker ketika berada diluar rumah. Masyarakat umum dapat menggunakan masker berbahan dasar kain. Sedangkan tenaga kesehatan wajib mengenakan masker bedah atau masker N95.

Hal itu disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Propinsi Bali dewa Made Indra dalam keterangan persnya terkait perkembangan kasus Covid-19 di Bali ,Senin (6/4/2020).

Dewa Indra menjelaskan, penting bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan masker, karena ketika seseorang berada di luar rumah akan ada banyak sekali ancaman penularan virus. Diharapkan semua pihak dapat berdonasi masker dalam rangka penguatan pencegahan Covid-19.

" Untuk itu Pemprop Bali melalui Disperindag Propinsi Bali telah melakukan penjajakan dengan 50 perusahaan garmen di Bali untuk memproduksi masker kain sehingga masyarakat tidak kesulitan dalam memperoleh masker kain. Penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam. Setelahnya, masker harus dicuci menggunakan sabun dan air dan dipastikan bersih sebelum dipakai kembali," ucap Dewa Indra.

Dewa Indra juga mengingatkan pentingnya jaga jarak pada saat berkomunikasi, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak.

Sementara terkait perkembangan kasus Covid-19 di Propinsi Bali Dewa Indra menjelaskan, jumlah pasien positif Covid-19 per 6 April 2020 sejumlah 43 orang bertambah 8 orang semuanya WNI. Enam orang merupakan kasus imported case dan 2 orang transmisi local, tercatat 19 pasien dinyatakan sembuh. Untuk pasien dalam pengawasan menurut Dewa Indra secara akumulatif 199 orang bertambah 11 orang dari sehari sebelumnya terdiri dari 2 WNA dan 9 WNI. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00