BPJAMSOSTEK Inisiasi Donasi Sukarela, Ini Tujuannya

KBRN, Denpasar : BPJAMSOSTEK menginisiasi program donasi sukarela. Program itu untuk membantu fasilitas dan alat bantu kesehatan terutama bagi tenaga medis dalam menangani pandemi corona (COVID-19). 

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Papua (Banuspa), Deny Yusyulian menjelaskan, program ini untuk mengajak para karyawan berdonasi melalui sebagian kecil gajinya. 

Hasil donasi rencananya digunakan untuk membantu penanganan COVID-19. Realisasinya berupa bantuan perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) untuk para pahlawan kemanusiaan yakni tenaga medis yang terlibat dalam penanganan COVID-19, bantuan alat kesehatan dan alat rapid test serta bantuan sembako untuk para pekerja rentan yang mengalami kesulitan akibat penyebaran virus corona.

"Sebagai langkah awal kami memutuskan menyumbangkan 10% dari gaji kami selama 2 bulan, yaitu selama KLB, untuk membantu mengatasi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dan akan kami lanjutkan jika masih dibutuhkan," katanya dalam rilis yang ditermia RRI, Jumat (3/4/2020). 

Deny Yusyulian lebih lanjut menjelaskan, gerakan moral ini akan diikuti seluruh pegawai BPJAMSOSTEK yang berjumlah 289 orang diwilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. 

"Kami telah mengumumkan kepada seluruh karyawan, untuk dapat berpartisipasi dalam gerakan moral ini, dan insyaAllah segera dimulai pada bulan ini juga," ungkapnya. 

Disisi lain, BPJAMSOSTEK telah mengaktifkan protokol LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Kontak Fisik). Langkah tersebut guna mekenakan penularan COVID-19. Protokol ini memungkinkan pencairan klaim jaminan melalui layanan online tanpa kontak fisik.

"Ini merupakan respon dari imbauan pemerintah untuk melakukan social distancing dan work from home. Prosedur LAPAK ASIK dilakukan dengan mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau tautan antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Untuk mengetahui langkah-langkah pengajuan klaim, peserta dapat mengikuti petunjuk yang dapat dilihat melalui YouTube bit.ly/LAPAKASIK," ujar Denny Yusyulian. 

"Kami harap semua tindakan yang kami lakukan ini dapat bermanfaat untuk penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 dan kita berdoa semoga wabah ini dapat segera diatasi sehingga kita dapat terus memberikan pelayanan prima kepada seluruh pekerja Indonesia dan melanjutkan membangun negeri ini," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00