BPBD Petakan 6 Wilayah Rawan Longsor di Bali

KBRN, Denpasar: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali memetakan 6  wilayah rawan longsor di Bali  pada musim penghujan saat ini.

Potensi tanah longsor, banjir dan pohon tumbang besar terjadi pada saat cuaca sktrem. Bahkan  berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, tercatat sejak awal tahun 2020 hingga 13 januari lalu telah ada 120 lebih kejadian alam di Bali yang didominasi pohon tumbang telah berhasil ditangani oleh BPBD.  Kepala BPBD Bali I Made Rentin dihubungi RRI di Denpasar, Jumat (17/01/2020) mengatakan  pada musim hujan saat ini potensi bencana besar terjadi. Bahkan dari 9 kabupaten/Kota di Bali ada enam daerah yang tergolong rawan  terjadi longsor yakni Karangasem, Bangli, Buleleng, Tabanan ,Badung Utara dan Jembrana.

“ Apa yang kami imbau kepada masyarakat di awal tahun, agar lebih waspada terhadap cuaca ektrem ini jika hujan lebat disertai angin kencang yang cukup lama  agar di waspadai potensi bencana yang terjadi” jelasnya.

Dalam  menangani bencana, Made Rentin mengatakan pihaknya  selalu siap melayani untuk memberikan penanganan ketika terjadi bencana. Guna mendukung  kesiapsiagaan bencana di Bali tahun 2020 dianggarkan untuk dana kebencanaan sebesar 17 miliar rupiah.  Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan  Bantuan Tidak Terencana (BTT) dari APBD yang bisa digunakan sewaktu-wkatu jika diperlukan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00