Badung Gelar Workshop Penyusunan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

KBRN, Badung : Sebanyak 200 peserta workshop yang terdiri dari kalangan guru Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK se-Badung mengikuti pelaksanaan acara Workshop Penyusunan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, sekaligus serangkaian pelaksanaan Badung Education Fair Tahun 2022.

Acara ini dibuka langsung oleh Plt. Sekretaris dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung I Wayan Wirawan, bertempat di Kerta Gosana Puspem Badung, Sabtu (6/8/2022).

Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Guru Penggerak se-Kabupaten Badung. Turut juga hadir Koordinator Pengawas Sekolah di Disdikpora Badung I Ketut Gede Birawa Anuraga, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Bali I Wayan Surata, Kepala Sekolah penggerak SPM Bintang Persada Denpasar Ni Luh Putu Rusmana Dewi, Koordinator Guru penggerak I Made Suardana, Penasehat Guru penggerak I Nyoman Haryantara serta Narasumber Tim Penyusunan Kurikulum Merdeka Ayuk Ratna Puspaningsih.   

Seusai membuka acara Workshop, Plt. Sekretaris dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung I Wayan Wirawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Badung memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Komunitas Guru Penggerak yang ada di Kabupaten Badung.

"Di mana dalam Workshop Penyusunan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini, merupakan salah satu kegiatan dalam mendukung program sekolah penggerak, disamping itu kebijakan Bupati Badung berkomitmen untuk mendukung kegiatan seperti ini, dimana  Dirjen Paud Dikdasmen Kementerian Pendidikan RI mengatakan, bahwa program sekolah penggerak ini yakni penguatan dibidang Pendidikan, dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Pihaknya juga mengatakan, kedepannya Badung akan lebih meningkatkan kualitas Pendidikan dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan terhadap para guru, juga kepada kepala sekolah, dalam rangka untuk meningkatkan mutu Pendidikan pembelajaran yang akan disampaikan kepada anak-anak kita, agar bisa lebih bermutu, meningkat dalam situasi pandemic covid-19, sudah berjalan 2 Tahun yang lalu ini, bisa kita capai dalam melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini, dengan harapan, kegiatan ini kita mulai berbenah diri, sekaligus kita meningkatkan kualitas Pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Badung," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Education Fair Badung I Ketut Lokasanti menyatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Workshop Penyusunan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini, untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun program proyek penguatan profil pengajar Pancasila.

"Terkait dengan pelaksanaan kegiatan ini yakni mensukseskan merdeka belajar yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah, apalagi kegiatan ini sudah didukung penuh oleh Bupati Badung, dengan harapan Pendidikan di badung nantinya dapat berjalan dengan baik. Kepada para peserta Workshop dapat memberikan pengimbasan praktek baik kepada guru yang lainya di sekolah berbeda, dimana semua para guru di sekolah dapat memahami esensi dari proyek penguatan profil pengajar Pancasila untuk mensukseskan Kurikulum Merdeka belajar di Kabupaten Badung,"  terangnya.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar