Dandim Bangli Tinjau Vaksinasi Ternak Cegah Penyebaran PMK

Dandim 1626/Bangli Letkol Arh. Sutriso, S. Sos turun langsung pantau vaksinasi ternak cegah PMK

KBRN, Bangli : Komandan Kodim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno, S.Sos meninjau langsung vaksinasi ternak sapi oleh Dinas PKP Kabupaten Bangli di Desa Demulih Kecamatan Susut Kabupaten Bangli sebagai upaya mencegah penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu. Kamis (7/7/2022)

Sebanyak 8 ekor ternak sapi di 2 Desa yakni Desa Demulih Kecamatan Susut dan Desa Buahan Kecamatan Kintamani diketahui telah terjangkit wabah PMK. Menindaklanjuti hal tersebut Pemda Bangli bergerak cepat dengan membentuk Satgas penanggulan PMK di Kabupaten Bangli, sebagai Ketua Satgas yaitu Bapak Sekda Bangli dengan Wakil Ketua Dandim 1626/Bangli dan Kapolres Bangli serta membentuk tim vaksinasi untuk melaksanakan vaksinasi hewan ternak.

Dandim 1626/Bangli dalam keterangannya menyampaikan terkait dengan kasus PMK yang terjadi di wilayah Bangli pihaknya bersama instansi terkait sudah melaksanakan langkah-langkah pencegahan dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan di tiap-tiap kandang dan menghimbau para peternak untuk mengurangi mobilitas hewan ternaknya dan membatasi peternak untuk memasuki kandang dan melaksanakan penutupan sementara aktivitas Pasar hewan serta hari ini mulai melaksanakan vaksin kepada hewan ternak untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus PMK ke hewan ternak/sapi lainnya dan untuk menambah daya tahan tubuh sapi terhadap virus PMK.

Dandim Bangli menghimbau  kepada peternak untuk melapor secepatnya bila mendapatkan hewan ternaknya mengalami gejala terinfeksi PMK sehingga bisa mendapat penanganan dan pengobatan khusus dari dokter hewan.

Turut hadir meninjau pelaksanaan vaksin PMK Kapolres Bangli (AKBP I Dewa Agung Roy Marantika, S.H., S.I.K), Kasdim 1626/Bangli (Mayor Inf Hendra Gunawan), Wakapolres (Kompol I Wayan Suka, S.Sos., M.Si);, Kadis PKP (Ir. I Made Alit Parwata, M.Si), Kepala BPBD dan Damkar (Drs I Wayan Wardana), Kabag Ops Polres Bangli (Kompol I Ketut Maret, S.H), Kasat Binmas Poles Bangli (AKP I Ketut Purnawan, S.H., M.H), Pasiter 1626/Bangli (Kapten Inf Dewa Gede Yudawan), Pasiops 1626/Bangli (Kapten Chb I Komang Gita), Kapolsek Susut dan Danramil 1626/Susut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar