Topeng Prembon Klungkung Kocok Perut Penonton PKB

Pementasan Topeng Prembon Sanggar Seni Dharmawangsa Puri Satriya Kawan Klungkung lakon “Puseh Katiagan”

Pementasan kesenian Topeng Prembon duta Kabupaten Klungkung dengan lakon “Puseh Katiagan” mengocok perut penonton Pesta Kesenian Bali. Pementasan kesenian tradisional ini diselingi dengan banyolan – banyolan tanpa menghilangkan piteket – piteket yang menceritakan perjalanan Dang Hyang Dwijendra ke Bali. Penonton terlihat terpingkal – pingkal mendengar bebanyolan dari para seniman prembon yang sebagian besar generasi muda tersebut. Tidak bisa dipungkiri Pesta Kesenian Bali hingga kini tetap memiliki pesona tersendiri yang menarik masyarakat untuk tetap hadir menyaksikan pementasan kesenian maupun menjadikan PKB sebagai wahana wisata edukasi.

Ketua Sanggar Seni Dharmawangsa Puri Satriya Kawan Klungkung Anak Agung Gede Mayun Dharmika di Taman Budaya Propinsi Bali, Kamis (7/7/2022) mengungkapkan, kesenian tradisional ini sengaja diangkat dalam Pesta Kesenian Bali untuk semakin memperkenalkan sekaligus menjadi ruang pelestarian ditengah arus globalisasi saat ini. Ia menjelaskan, dalam kesenian topeng prembon banyak piteket – piteket atau petuah yang mengandung nilai – nilai kehidupan bagi masyarakat.

“Kami dalam Pesta Kesenian Bali ini menampilkan kesenian Topeng Prembon dengan lakon Puseh Katiagan yang menceritakan perjalanan Dang Hyang Dwijendra ke Bali. Banyak piteket atau petuah – petuah yang bisa diperoleh masyarakat saat menonton kesenian ini yang mengandung nilai – nilai kehidupan,” ungka Mayun Dharmika.

Mayun Dharmika mengakui, regenerasi topeng prembon saat ini sangat diperlukan, karena tidak banyak generasi muda yang mau mempelajari kesenian tradisional ini yang mempergunakan bahasa kawi. Ia menambahkan, untuk tampil dalam PKB pihaknya hanya menghabiskan waktu sebulan untuk latihan.

Pesta Kesenian Bali juga menjadi ruang pemberdayaan produk UMKM lokal melalui pameran IKM Bali Bangkit. Produk – produk kerajinan seperti perak, kain enduk, tenun, songket, lukisan kamasan dan produk kerajinan anyaman menjadi barang yang diburu pengunjung PKB.

Dengan harga mulai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, geliat penjualan produk UKM dalam IKM Bali Bangkit menggerakkan roda ekonomi kerakyataan Pulau Dewata. Stand produk – produk kerajinan itu selalu ramai pengunjung  dan menjadi berkah bagi pelaku UMKM Lokal Bali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar