Vaksinasi PMK di Badung Sasar 34 Ribu Ternak Sapi

Vaksinasi PMK di Badung

KBRN, Badung : Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku – PMK terhadap 34 ribu ternak sapi di Gumi keris. Untuk tahap awal, vaksinasi difokuskan di Kuta, Legian, Seminyak dan Kerobokan Kelod dengan ketersediaan vaksin seribu dosis.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana di Mangupura Badung saat pelaksanaan vaksinasi PMK di Sentra Ternak Sobangan Badung, Selasa (5/7/2022) mengungkapkan, hingga saat ini di Badung belum ada laporan terkait sapi yang sakit mengarah gejala klinis PMK. Pencegahan tetap dilakukan dan saat ini tengah dilakukan vaksinasi terhadap 34 ribu ekor sapi di Badung. Kegiatan vaksinasi ini sebagai salah satu langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran PMK. Selain vaksinasi, juga dilakukan spraying terhadap sapi, alat angkut dan alat-alat yang masuk ke pasar hewan.

“Kami melakukan vaksinasi terhadap ternak sapi, Badung memperoleh jatah vaksin seribu dosis dengan jumlah populasi sapi 34 ribu ekor Dengan jatah tersebut vaksinasi tahap awal difokuskan di Kuta, Legian, Seminyak dan Kerobokan Kelod,” ungkap Wijana.

Disamping melakukan vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan sapi, pihaknya juga berkoordinasi dengan Satgas PMK Badung untuk melakukan penutupan sementara transaksi jual beli sapi di pasar Hewan Beringkit mulai tanggal 5 – 19 Juli 2022 untuk memutus mata rantai siklus penyebaran virus PMK.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar