Cegah PMK, PPL Bersama Babinsa Cek dan Periksa Hewan Ternak Sapi

Aparat bersama PPL cek dan periksa ternak sapi cegah PMK di dusun Sidawa Tamanbali Bangli

KBRN, Bangli : Babinsa Koramil 01/Bangli Kodim 1626/Bangli Serma I Komang Juni Suantara bersama Bhabinkamtibmas dan PPL Desa Tamanbali melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik kelompok Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) Laba Sari yang berada di Dusun Sidawa, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli untuk mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Selasa (5/7/2022)

Kelompok Simantri Laba Sari tersebut berjumlah 20 orang yang di ketua oleh Jro Mangku Tagel Arya Dauh dengan jumlah hewan ternak yang dipelihara sebanyak 21 ekor. Dalam kesempatan tersebut  Babinsa menghimbau kepada kelompok ternak agar melakukan pencegahan dengan menjaga sanitasi kandang atau pembersihan kandang dengan penyemprotan disenfektan atau deterjen. Apabila ada ternak panas, nafsu makan turun, malas berdiri, mulut berbusa, luka pada mulut segera menghubungi petugas untuk penanggulangan secara cepat agar penyebaran tidak semakin meluas.

Komandan Kodim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno, S.Sos mengatakan pengecekan dan pemeriksaan yang dilakukan Babinsa untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai Langkah antisipasi dan pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak sapi milik warga.

" Kita kerahkan para Babinsa diwilayah kita untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada. Tujuannya untuk mengantisipasi dan mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak mengecek kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK," jelas Dandim

Dandim juga mengimbau kepada warga maupun kelompok peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi dari wilayah lain.

Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku  (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh  (lesi pada lidah).

"Untuk sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa Desa Tamanbali serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi di Kelompok Simantri Laba Sari semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar