Badung Pasarkan Produk Lokal Berkualitas Ekspor dalam G20

KBRN, Badung : Sejumlah produk UMKM lokal Badung akan dipasarkan dalam event internasional G20. Pelaku usaha diwajibkan memenuhi sejumlah persyaratan agar lolos kurasi.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung Made Widiana dikonfirmasi RRI, Mangupura Badung, Minggu (3/7/2022) membenarkan, besarnya peluang pemasaran produk jika lolos kurasi dalam G20. Ia menyebut masuk G20 bukan perkara mudah , harus mengikuti kurasi sesuai kebutuhan serta memiliki Nomor Induk Berusaha – NIB.

Widiana menjelaskan, lolos kurasi otomatis produk UMKM bisa dipasarkan untuk para delegasi G20 yang diwajibkan menggunakan endek sesuai keputusan Pemerintah pusat. Dikatakan, saat ini sekitar 40 ribu lebih UMKM yang telah mengantongi NIB, namun kuota untuk ikut pameran di G20 terbatas.

“Iya kita melakukan kurasi terhadap sejumlah pelaku UMKM di Badung agar bisa masuk dalam pameran event internasional G20. Peluang pemasaran produk sangat besar jika lolos kurasi dalam G20,” ucap Widiana.

Widiana mengungkapkan, selain memasarkan produk lokal, pihaknya juga akan menggelar 2 kegiatan yang muaranya untuk peningkatan pasar produk UMKM. Kegiatan tersebut meliputi pelatihan mengakses pasar digital bagi pelaku UMKM di Badung, sehingga bisa memasarkan produk ke pasar digital. Serta seminar entrepreneurship kewirausahaan, kelanjutannya start up akan dibuat pendampingan dengan bekerja sama dengan pihak ketiga. Widiana menambahkan, dengan pola pendampingan tersebut, pelaku UMKM akan dibina sangat mengawali usaha, pembukuan, pangsa pasar termasuk permodalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar