FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Waspada Gelombang Sangat Tinggi Hingga 6 Meter di Laut Bali-NTB

KBRN, Denpasar: Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar kembali mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi yang terjadi di perairan wilayah Bali – NTB.

Potensi  gelombang sangat tinggi diprediksi  terjadi hari ini hingga besok, dengan ketinggian  gelombang  mencapai 6 meter terjadi di  Samudera Hindia Selatan Bali-NTB.

Berdasarkan  data yang dirilis BBMKG Wilayah III Denpasar, Jumat (1/7/2022) potensi gelombang  laut 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di laut Bali, Laut Sumbawa, Selat  Bali bagian utara, selat Lombok bagian utara.

Sementara untuk  tinggi gelombang 2,5 – 4 meter berpotensi terjadi di Selat Bali Bagian Selatan,   Selat Badung, Selat Lombok Bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan, dan Perairan  Selatan Bali-NTB.

Koordinator Bidang data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar  I Nyoman Wiryajaya dikonfirmasi RRI di Denpasar, Jumat  (1/7/2022)  mengatakan kewaspadaan terhadap potensi gelombang tinggi tersebut harus ditingkatkan, terutama  masyarakat yang beraktivitas di wilayah yang tercantum dalam area peringatan dini  tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat agar  tetap waspada  terhadap potensi cuaca  ekstrem pada peralihan musim ini  sehingga  kita bisa memingkatkan kesiapsiagaan", jelas Wiryajaya.

Wiryajaya lebih lanjut mengatakan dengan adanya gelombang tinggi tersebut Ia meminta agar  aktivitas penyebrangan  melalui moda transportasi laut bisa lebih waspada terutama  perahu nelayan   pada kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi  gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal Tongkang pada kecepatan angin lebih dari 16knot dan tinggi  gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal Ferry pada kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi  gelombang di atas 2,5 meter.

Kapal kargo dan pesiar pada kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi  gelombang di atas 4 meter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar