Australia Dorong Bisnis di Bali Manfaatkan IA-CEPA

KBRN, Denpasar : Bisnis yang berbasis di Bali diajak turut serta memanfaatkan peluang keahlian dan dukungan dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA). Konsul Jenderal Australia di Denpasar Anthea Griffin, Selasa (28/6/2022) mengungkapkan, Bali merupakan wilayah sentral yang tercakup di dalam studi yang didanai Katalis untuk memetakan peluang komersial bagi bisnis Australia pada industri pariwisata medis Indonesia yang mulai berkembang. Studi yang dimulai sejak April 2022 ini bertujuan untuk melakukan analisis komprehensif terhadap berbagai kebutuhan mendesak dan manfaat komersial apa saja terkait industri yang akan menghubungkan Indonesia dengan industri perawatan kesehatan Australia yang sudah maju serta dengan sistem pendidikan vokasinya yang berkualitas tinggi.

“Selain untuk meningkatkan sektor perawatan kesehatan dan pariwisata Indonesia yang lebih selaras dengan standar Australia, seperti apa yang kami harapkan melalui studi tinjauan pariwisata medis yang didanai Katalis, menjalin kemitraan komersial dengan Australia di banyak sektor lain juga akan menambah manfaat dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia. Itu sebabnya kami mendesak bisnis di Bali untuk memanfaatkan peluang yang diberikan dalam Program Kerjasama Ekonomi IA-CEPA Katalis,” ungkap Anthea Griffin.

Sementara, Direktur ECP Katalis Paul Bartlett menyebut, Katalis menitikberatkan pada maksimalisasi manfaat komersial dan menciptakan akses pasar yang lebih luas bagi bisnis Indonesia dan Australia, mendukung integrasi pasar yang lebih baik serta mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan peluang yang muncul seiring pemulihan pasca-pandemi COVID-19.

“Katalis mengidentifikasi dan mengembangkan peluang pasar baru serta menginspirasi kemitraan bisnis-ke-bisnis baru yang akan mendorong kolaborasi jasa dan meningkatkan perdagangan dan investasi antara dua ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Kami berupaya mewujudkan kemitraan komersial dengan para pihak yang memenuhi kriteria investasi kami. Kirimkan usulan ide kegiatan Anda melalui portal bisnis kami,” terang Paul Bartlett.

IA-CEPA ECP Katalis (Katalis) merupakan program pengembangan perdagangan dan investasi unik lima tahun (2020-2025) yang didukung pemerintah untuk membuka potensi besar kemitraan ekonomi antara Indonesia dan Australia. Katalis didirikan di bawah Program Kerjasama Ekonomi dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Australia (IA-CEPA ECP). Program ini melengkapi program pembangunan Pemerintah Australia yang ada dengan pendekatan bilateral yang berorientasi komersial. Katalis juga menempatkan kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar