Tanamkan Disiplin Siswa SMKN 1 Kintamani Dilatih PBB

SMKN 1 Kintamani latihan bela negara

KBRN, Bangli : Sembilan puluh lima siswa-siswi SMKN 1 Kintamani mendapat  pembinaan bela negara. Pembinaan bela negara melalui Latihan PBB diberikan Babinsa Koramil 04/Kintamani Pelda Gede Harta dan Pelda Komang Wiredana di halaman SMKN 1 Kintamani Desa Belantih Kecamatan Kintamani, Senin (23/05/22). 

Kepala Sekolah SMKN 1 Kintamani Gusti Made Merduika, S.Pd menyampaikan, “Latihan PBB ini untuk memantapkan karakter bangsa dan menanamkan rasa, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45. Dengan cara ini diharapkan mereka akan semakin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah.” ujarnya

Latihan yang diberikan Pelda Gede Harta dan Pelda Komang Wiredana itu berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Selain itu  juga diberikan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa. 

Dalam praktik materi, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh siswa. Selanjutnya diberi instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan memperbaiki dan mengulanginya sampai benar.

Para siswa pun terlihat antusias dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Saat mempersembahkan teori mereka untuk memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang digerakkan.

Dari tempat terpisah, Dandim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno, S.Sos mengatakan, apa yang telah dilatihkan anggotanya supaya para siswa memperaktekan dalam setiap kegiatan yang ada di sekolam maupun luar sekelah.

Dandim juga berharap "setelah mendapatkan pelatian dari Babinsa nantinya dapat nenumbuhkan rasa disiplin yang tinggi dan memiliki rasa kebangsaan yang kuat sebagai generasi penerus bangsa,"katanya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar