Babinsa Dampingi Tim Puskesmas Berikan Penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak

Babinsa dampingi tim penyuluhan kesehatan ibu dan anak

KBRN, Bangli : Tim kesehatan Puskesmas Susut I memberikan penyuluhan kesehatan Ibu dan Anak bertempat di Balai Banjar Manuk Desa Susut  Kecamatan Susut  Kabupaten Bangli. Jumat (20/05/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Babinsa Sertu Ketut Rediada dan Bhabinkamtibmas beserta Bidan Desa. Sebanyak 20 ibu hamil dan menyusui ikut serta kegiatan tersebut. Pada kesempatan itu petugas dari Puskesmas Susut I menyampaikan tentang pentingnya pemberian ASI (Air Susu Ibu) sampai anak usia 6 bulan dan pemberian makanan bergizi bagi anak balita dan cara pencegahan anak agar tidak menderita stunting.

Penyuluhan ini untuk memotivasi agar ibu-ibu memberikan ASI Eksklusif pada bayinya hingga anak berusia 2 tahun. Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif pada bayi.

Peserta penyuluhan diutamakan ibu hamil serta ibu-ibu yang memiliki bayi usia 0-5  tahun. Pada kesempatan tersebut Babinsa Desa susut Sertu Rediada  mendampingi bidan desa menyampaikan bahwa menyusui dan pemberian makanan bergizi merupakan aspek yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bayi dan anak balita.

“ ASI merupakan makan utama bagi bayi yang didalamnya terkandung berbagai unsur yang dibutuhkan oleh bayi serta makanan bergizi , salah satunya sebagai daya tahan tubuh.” jelas Bidan Desa.

Ditempat terpisah Komandan Kodim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno, S.Sos mengatakan tujuan dari pemberian ASI dan makan bergizi bagi anak guna mencapai tumbuh kembang bayi yang optimal sekaligus mempertahankan kesehatan ibu setelah bersalin. Sejak lahir  bayi hanya diberi ASI saja hingga usia 6 bulan yang disebut dengan pemberian ASI Eksklusif selain asi anak anak juga perlu diberikan makanan bergizi sehingga terhindar dari stunting.

"  Pemberian ASI juga dapat membentuk perkembangan intelegensi, rohani dan perkembangan emosional  karena selama disusui dalam dekapan ibu, bayi bersentuhan langsung dengan apalagi di masa pandemi Covid -19 ini kita harus selalu jaga kesehatan diri dan keluarga dan anak anak kita yg masih balita." pungkas Dandim

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar