Pemerintah Longgarkan Pemakaian Masker, Masyarakat Jangan Lengah

Salah satu suasana Vaksinasi Covid-19

KBRN,Denpasar: Memperhatikan kondisi saat ini di mana penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin terkendali, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker.Hal itu disampaikan Presiden melalui siaran pers secretariat Kabinet RI, Selasa (17/5/2022).

Presiden mengatakan, masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker. Presiden juga meminta masyarakat kategori rentan maupun yang bergejala batuk dan pilek untuk tetap mengenakan masker saat beraktivitas.

Selain pelonggaran pemakaian masker, pemerintah juga melonggarkan persyaratan perjalanan domestik dan luar negeri bagi masyarakat yang sudah divaksinasi COVID-19 dosis lengkap.

Presiden menambahkan, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen. Terhadap kebijakan Pemerintah ini,

Ketua IAKMI Bali Made Kertaduana kepada RRI di Denpasar, Rabu (18/5/2022) mengatakan, kebijakan yang diambil Pemerintah tersebut sudah pasti memperhatikan berbagai pertimbangan terhadap perkembangan kasus covid19 di tanah air.

“ Dasarnya tentu kan nike vasin, kemudian penurunan kasus yang signifikan, penemuan kasus baru yang rendah, dengan beberapa kontak erat atau tidak ditemukan tingkat penyebaran yang beresiko ditambah dengan penularannya dari virus sebagian besar adalah droplet yang dimungkinkan dalam aktivitas didalam jarak dekat sedangkan jika ruang terbuka seperti dijalan, pantai jadi potensi terjadinya penularan tidak ada,”ucapnya.

Kertaduana menambahkan, langkah ini merupakan salah satu tahapan untuk memulai menormalkan kembali aktivitas masyarakat. Namun Ia yakin banyak orang akan tetap menggunakan masker karena sudah menjadi kebiasaan dan memiliki kekhawatiran jika nanti bisa tertular virus. Meskipun diberikan kelonggaran pemakaian masker, Kertaaduana meminta masyarakat jangan lengah tetap patuhi himbauan Pemerintah karena masing-masing individulah yang mengetahui kondisinya sendiri

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar