Bali Raih WTP Ke-9 Kali

Penyerahan LHP Oleh BPK RI

KBRN,Denpasar: Pemerintah Provinsi Bali kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Anggota VI Badan BPK RI, Pius Lustrilanang menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepada Gubernur Bali, Wayan Koster dan Ketua DPRD Bali, I Nyoman Adi Wiryatama dalam Rapat Paripurna ke-13 DPRD Provinsi Bali, di Ruang Sidang Utama, Gedung DPRD Provinsi Bali, Selasa (17/5/2022). 

Gubernur Bali Wayan Koster berharap dapat mempertahankan opini WTP yang telah diraih secara berturut-turut kesembilan kalinya. Gubernur  menyadari bahwa pengelolaan keuangan dan aset daerah masih jauh dari sempurna.

“ Oleh karenanya, kamimohon kepada BPK untuk tidak henti-hentinya memberikan tuntunan dan bimbingan dalam mengelola keuangan dan aset daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga kami mampu meningkatkan kinerja yang berkualitas dan layak memperoleh opini pemeriksaan BPK dengan kategori WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).” ucap Gubernur.

Sementara Anggota VI BPK RI Pius Lustrilanang menyampaikan  meskipun meraih opini WTP namun masih terdapat beberapa permasalahan yang harus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Bali.

“ Di antaranya,  Kesalahan penganggaran dan realisasi Belanja Barang dan Jasa, Belanja Bunga, dan Belanja Modal pada 29 perangkat daerah, Realisasi belanja melampaui anggaran pada 14 perangkat daerah;3. Penganggaran dan realisasi belanja honorarium tim pelaksana kegiatan dan sekretariat tim pelaksana kegiatan tidak sesuai dengan Perpres; dan4. Pengamanan BMD berupa tanah dan kendaraan bermotor belum memadai,” ucapnya.

Pius Lustrilanang  mengingatkan kembali bahwa Laporan Hasil Pemeriksaan ini akan lebih bermanfaat apabila diikuti dengan tindak lanjut sebagaimana yang direkomendasikan oleh BPK dan diikuti peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sementara itu, untuk LHP LKPD TA 2021 pada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali, Wahyu Priyono, dimana semua Kabupaten/Kota di Bali meraih opini WTP

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar